Buah dan Florikultura

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 155
  • Item
    Teknologi Peningkatan Produksi Jeruk RGL di Provinsi Bengkulu
    (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu, 2021) Calista, Irma; Mikasari, Wilda; Sastro, Yudi; Puspitasari, Monita; Dinata, Kusmea; Nurmegawati; Putra, Wawan Eka; Astusti, Herlena Bidi; Miswarti; Ivanti, Lina; Fauzi, Emlan
    Jeruk merupakan salah satu komoditas hortikultura yang banyak dikembangkan di Indonesia dan dapat ditanam dimana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi (Falo et al., 2016). Jeruk merupakan salah satu komoditas hortikultura strategis yang dapat dikembangkan dalam menyongsong persaingan global, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun juga untuk pangsa ekspor.\ Diantara berbagai jenis jeruk komersial yang ada, jenis jeruk yang cukup banyak dikembangkan oleh petani adalah jeruk siam, jeruk keprok, pamelo dan jeruk manis. Untuk di Provinsi Bengkulu, prospek pengembangan jeruk keprok RGL sangat bagus, baik untuk pasar domestik maupun pasar ekspor. Jeruk Rimau Gerga Lebong atau yang biasa dikenal dengan sebutan jeruk RGL merupakan salah satu komoditas hortikultura unggulan daerah di Provinsi Bengkulu. Komoditas tanaman jeruk RGL ini berkembang pesat di Kabupaten Lebong, bahkan saat ini sudah mulai dikembangkan juga di Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten pahiang.
  • Item
    Durian Nusantara
    (Direktorat Perbenihan Hortikultura, 2015) Angkasa, Syah; Raharjo, Argohartono Arie; Wiguna, Iman
    Durian merupakan buah tropis yang banyak diminati masyarakat. Rasa buah yang manis, legit kadang disertai sedikit rasa pahit memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Di Indonesia, dijumpai jenis dan varietas durian yang beragam, tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan masing-masing durian memiliki keunggulan serta keunikan. Di lain pihak, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih durian impor sehingga durian nusantara kalah bersaing dengan durian impor. Dengan demikian pengembangan durian nusantara harus dilakukan untuk memenuhi minat dan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap durian. Buah durian yang ada di masyarakat saat ini masih didominasi oleh buah dari pohon yang tumbuh alami, sehingga kualitasnya beragam. Pengembangan durian nusantara masih memerlukan perhatian dari berbagai pihak, khususnya Pemerintah yang ada di daerah sentra durian. Salah satu upaya mensosialisasikan keragaman dan keunggulan durian nusantara, Direktorat Perbenihan Hortikultura bekerjasama dengan Majalah TRUBUS menyusun buku “Durian Nusantara”. Buku ini berisi informasi mengenai keragaman dan sebaran durian nusantara, perkembangan durian nusantara, varietas unggul durian nusantara, perbanyakan benih, OPT durian, dan potensi daerah pengembangan. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi seluruh stakeholder agribisnis durian dan masyarakat pada umumnya. Harapan ke depan durian nusantara menjadi “The Real King” di negeri sendiri.
  • Item
    Inovasi Teknologi Manga
    (BPTP Jatim, 2009) SETYORINI, Dwi; Kuntoro Boga Andri; Baswarsiati
  • Item
    Juknis pasca panen nanas
    (BSIP RIAU, 2021-08-01) Fahroji; Viona Zulfia; Syuryati; Sri Swastika
    Panen buah nanas dilakukan setelah berumur 12-24 bulan, tergantung varietas dan jenis benih yang digunakan. Benih yang berasal dari mahkota bunga dipanen setelah berumur 24 bulan. Tanaman yang berasal dari tunas batang dipanen setelah umur 18 bulan, sedangkan tunas akar setelah berumur 12 bulan. Ciri-ciri buah nanas yang siap dipanen: a) Mahkota buah terbuka. b) Tangkai buah mengkerut. c) Mata buah lebih mendatar, besar dan bentuknya bulat. d) Warna bagian dasar buah kuning. e) Aroma nanas mulai muncul
  • Item
    Teknologi Produksi Melalui Pengaturan Fase Pembungaan dan Pembuahan Durian
    (Pertanian Press, 2023) Nuraini, Farida; Fajarsari, Intan Muliani; Rosita, Dina; Cahyani, Ermi Nur
    Durian (Durio zibetinus Muur.) merupakan salah satu buah unggulan tropis yang bernilai ekonomi tinggi dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B, C dan kalori yang cukup tinggi. Tanaman durian merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang beriklim tropis tersebar dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Australia bagian utara. Dengan keragaman agroklimat dan rentang wilayah yang cukup luas, Indonesia memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembangnya berbagai jenis durian, sehingga buah durian dapat diperoleh sepanjang tahun. Sebagai buah tropis eksotik, keragaman jenis dengan rasa, aroma dan cita rasanya merupakan cerminan terhadap potensi nusantara sebagai aset kebanggaan bersama. Berbagai teknologi budidaya durian dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas, salah satunya adalah pengaturan fase pembungaan dan pembuahan agar waktu panen dapat diatur dan tidak terjadi secara serentak yang menyebabkan penumpukan hasil panen. Perkembangan teknologi in-off season saat ini dapat diaplikasikan pada semua varietas durian. Namun demikian pemanfaatan teknologi ini harus memperhatikan dan menjaga kesehatan juga pertumbuhan tanaman durian yang optimal, kualitas durian yang diproduksi, serta agroekosistem di mana tanaman durian tersebut tumbuh.