Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan by Subject "Daging"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPetunjuk Teknis Inovasi Teknologi Mendukung Program Swasembada Daging Sapi(bptp kalsel, 2011-07) Rohaeni, Eni Siti; A. Hamdan, S.Pt, MP; A. Subhan, S.Pt, M; bptp kalselPrgogram Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) merupakan salah satu program strategis Kementrian Pertanian secara nasional dalam upaya pemerintah memenuhi kebutuhan akan daging sapi dengan mengandalkan hasil produksi dalam negeri, yakni pada tahun 2014 minimal 90% berasal dari produksi sapi potong dalam negeri....
- ItemTeknologi Pengolahan Daging(Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, 2007) Abubakar; Usmiati, Sri; Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen PertanianDaging konsumsi yang dijual di pasar tradisional maupun di swalayan dapat dikategorikan dalam dua kelompok. Kelompok pertama, daging dari ternak besar seperti sapi, kerbau, dan kambing, sedangkan kelompok kedua, daging dari ternak kecil yaitu dari jenis unggas, ayam, itik, entog dan lain-lain. Daging sapi untuk konsumsi pada umumnya dihasilkan dari jenis-jenis sapi pedaging antara lain, Aberdeen-Angus, Brahford, Brahman, Brangus, Shorthorn, Hereford dan Santa Gertrudis, sedangkan sapi yang asli dari Indonesia antara lain sapi Peranakan Ongole PO), sapi Bali, sapi Madura dan sapi Aceh. Hasil utama sapi tipe pedaging adalah berupa karkas yaitu tubuh sapi yang telah dihilangkan bagian-bagian isi perut, kepala, kaki dan kulit. Sebagian besar manfaat dari produk pangan hewani yang dikonsumsi manusia adalah daging, karena daging merupakan bahan makanan yang mengandung zat-zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Konsumsi daging dipengaruhi oleh berbagai alasan antara lain tradisi, nilai gizi tinggi, kesehatan, variasi, bersifat mengenyangkan dan prestise (gengsi).