Penyuluhan, Pendidikan, dan Pelatihan Pertanian
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Penyuluhan, Pendidikan, dan Pelatihan Pertanian by Subject "A Agriculture/Pertanian::A50 Agricultural research/Penelitian Pertanian"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemBudidaya Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) dengan Biji True Shallot Seed Varietas Maserati F1 dikelompok Tani Bawang Mas Horti Langgeng, Sungai Ulin Banjarbaru dan Budidaya Selada (Lactuca Sativa L.) dengan Sistem Hidroponik NFT di Kebun Hidroponik Banjarbaru Kalimantan Selatan(SMK PP Negeri Banjarbaru, 2023) Indana La Zulfa Permana
- ItemPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMBIBITAN DAN KULTUR JARINGAN KD 4.14 MELAKSANAKAN INISIASI EKSPLAN PISANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN/KOMPETENSI SISWA KELAS XI ATPH SMK PP N BANJARBARU TAHUN PELAJARAN 2023/2024(SMK PP Negeri Banjarbaru, 2024) Airin NurmaritaUntuk meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran diperlukan adanya inovasi dalam pemilihan model dan media pembelajaran. Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Mata pelajaran Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman merupakan mata pelajaran produktif untuk Program Keahlian Agribisnis Tanaman baik bagi kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) maupun Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) yang harus dikuasai siswa. Gambaran penguasaan mata pelajaran Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman dapat dilihat dari prestasi belajar secara kognitif maupun psikomotorik (keterampilan). Hasil akhir semester III kelas XI T.P 2022/2023 untuk Kompetensi keahlian ATPH didapat bahwa rata-rata nilai akhir keterampilan adalah 80 dengan kategori B. Salah satu nilai keterampilan yang kurang yaitu materi KD. 4.14. Melaksanakan Inisiasi eksplan pisang. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan kelompok yang kecil dan terbimbing dalam praktik inisiasi eksplan pisang dapat meningkatkan nilai Keterampilan/kompetensi siswa pada Mata Pelajaran Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman. Hasil penerapan model pembelajaran ini didapatkan nilai akhir keterampilan siswa dalam melaksanakan inisiasi eksplan pisang mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran PjBL terbimbing dalam kelompok kecil.