Penyuluhan, Pendidikan, dan Pelatihan Pertanian
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Penyuluhan, Pendidikan, dan Pelatihan Pertanian by Subject "A Agriculture/Pertanian"
Now showing 1 - 5 of 5
Results Per Page
Sort Options
- ItemBahan Ajar : Pembelajaran Alat Mesin Pertanian(2018) Slamet Riadi, S.Pi
- ItemBahan Ajar : Pembelajaran Budidaya Tanaman Semusim Tebu (Saccharum Officinarum Linn.)(SMK-PP Negeri Banjarbaru, 2018) Slamet Riadi, S.Pi
- ItemBahan Ajar : Pembelajaran Survei dan Pemetaan(SMK-PP Negeri Banjarbaru, 2018) Slamet Riadi, S.Pi
- ItemBest Practice : Penerapan Project Based Learning pada mata Pelajaran Produksi Tanaman Hias Materi Terarium Di SMKPPN Banjrbaru(SMK-PP Negeri Banjarbaru, 2022) Fofa Arofi, SST., MPProduksi tanaman hias merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada program keahlian agribisnis tanaman pangan dan hortikultura di SMKPPN Banjarbaru. Dalam mata pelajaran produksi tanaman hias menuntut siswa untuk mendapatkan berbagai pengalaman belajar pada tanaman hias daun, bunga, anggrek, sekulen dan bonsai. Sistem pembelajaran dengan porsi praktek lebih beasar yaitu 70% dan teori 30% sangat menuntut keaktifan siswa namun pada kenyatannya dilapangan yang terjadi yaitu: keaktifan siswa dalam mata pelajaran praktek masih kurang dan cenderung menunggu perintah guru dna kemampuan siswa berfikir kritis untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pada saat praktek masih kurang. Akar permaslaahan dari keadaan tersebut antara lain motivasi belajar yang rendah, kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi dengan baik dan model pembelajaran yang dipilih guru belum sesuai. Untuk mengatasi permasalahan pembelajarna dlaam mata pelajaran project based learnig. Penerapan project based Learning pada materi terarium mata pelajaran produksi tanaman hias dengan pendekatan student center learning, dengan mengkombinasikan media pembelajaran berupa LKPD, bahan ajar yang ditautkan pada LKPD, video terarium dengan sistem pause and play, ice breaking untuk memecahkan kebekuan serta yel-yel untuk mengaktifkan neuroscience, evaluasi pengetahuan menggunakan quizziz dan penguatan positif dalam kelas. Model PjBL tersebut diterapkan dengan mengkombinasikan bebrapa metode pembelajaran yaitu praktek, ceramah, diskusi, proyek dengan mengikuti kaidah kaidah sintak PjBL. PjBL pada materi terarium dalam mata pelajaran produksi tanaman hias tersebut mampu meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada nilai proyek/nilai ketrampilan, hasil nilai evaluasi pengetahuan dan penilaian positif siswa terhadap guru.
- ItemLaporan Ujiwidya : Modifikasi Media Tanam Tomat SIstim Tanam Fertigasi(SMK-PP Negeri Banjarbaru, 2018-10-23) Abdul Wahid