Jurnal AgroSainta
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Jurnal AgroSainta by Author "Hariyani, Nining"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALISIS USAHA DAN NILAI TAMBAH PENGOLAHAN MINYAK BAWANG MERAH(Jurnal Agrosainta, 2018) Hariyani, Nining; Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber daya Manusia PertanianAbstract Shallots (Allium ascalonicum) is a horticultural plant that is very important and has high economic value. At the time of the harvest, there is a flood of production which causes prices to fall. This study aims to analyze the business and value added of shallot oil processing which can be taken into consideration and business decisions. The research was conducted in July 2018 at the Food Processing Laboratory in National Agricultural Training Center (NATC) Ketindan - Malang using quantitative research methods. The results of the research indicate that total revenue is Rp. 2,175,000, -, total costs is Rp. 1,136,758,- and income is Rp. 1,038,242,- or 48% from total revenue per week. Shallot oil processing business is very feasible (profitable) with the R/C ratio is 1,9 (>1,3) and B/C ratio is 0,9 (> 0,3). The added value of shallot oil processing production is Rp. 37,631,-/kg with a value added ratio of 38% of the production value. Labor benefit is Rp. 11,667,-/kg or 31% from the total value added, while the rewards for business owners is Rp. 25,964,-/kg or 69% from the added value of shallot oil processing business. So processing Shallot oil is very profitable and feasible for business.
- ItemPengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Pestisida Organik secara Online di Landbouw Mart Ketindan(Jurnal AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa, 2020-12-03) Hariyani, Nining; Pusat Pelatihan Pertanian, BPPSDMP, Kementerian PertanianPada era globalisasi, pengaruh teknologi internet dalam kehidupan kita saat ini memang tidak bisa dihindari. Hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan selalu berkaitan dengan teknologi internet termasuk dalam kegiatan pemasaran. Manfaat yang ditawarkan cukup banyak yaitu jangkauan lebih luas, biaya pemasaran lebih rendah, proses lebih cepat dan lain sebagainya. Namun, teknologi tersebut belum mampu dimanfaatkan oleh pelaku usaha khususnya bidang pertanian untuk mengembangkan strategi pemasaran berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pestisida organik secara online. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi. Responden dalam penelitian ini adalah 32 pembeli pestisida organik secara online di Landbouw Mart Ketindan (LMK). Penelitian ini dilakukan pada Bulan Agustus hingga Desember 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, promosi, bukti fisik, lokasi, orang, harga dan proses secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Landbouw Mart Ketindan. 3 variabel yang paling dominan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian adalah produk, harga dan bukti fisik. Kontribusi pengaruh atau koefisien determinasi (R ) bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar 65%, sedangkan sisanya 35% dijelaskan oleh variabel yang lain. Hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan variabel produk dan bukti fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga bepengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel lokasi, promosi, orang/operator dan proses tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.