Analisis pemasaran jahe di Jawa tengah dan ekspor jahe Indonesia
Loading...
Date
1996
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Permintaan jahe untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor terus meningkat dengan trend peningkatan konsumsi 18.71% tiap tahun selama periode 1984-1990 (KEMALA, et al., 1993). Sedangkan data dari BPEN memperlihatkan trend peningkatan ekspor jahe Indonesia 101.8% selama periode 1986-1990, Peningkatan ekspor jahe In-donesia ini meningkatkan pangsa pasar jahe Indo-nesia di pasar Internasional dari 2.4% tahun 1988 menjadi 12.9% tahun 1991 walaupun pada saat itu permintaan jahe di pasar internasional meningkat 9% tiap tahun.
Description
Permintaan jahe dalam negeri terus meningkat dengan pertumbuhan 18.71 % tiap tahun sedangkan permintaan jaho ekspor juga meningkat 101.8% tiap tahun antara 1986-1990 Peningkatan permintaan ini perlu dipertahankan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan permataran Jahe. Penelitian di lakukan di Jawa Tengah pada tahun 1995. Analisis yang digu nakan untuk permintaan jake, adalah analisis regresi dengan persamaan semultan, untuk pemasaran jahe dilakukan analisis rastai pemasaran Jahe di Jawa Tengah serta analisis marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan stok Jahe ditingkat eksportir mempengaruhi ekspor jahe dan cukup responnya eks-por jahe terhadap perubahan nilai tukar Pangsa pasar jahe Indonesia masih rendah, sehingga ada peluang untuk me ningkatkan. Pemasaran jahe di Jawa Tengah cukup efisien dengan rantai pemasaran yang pendek dan bagian harga (share) petani cukup tinggi.
Keywords
A Agriculture/Pertanian