PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR
No Thumbnail Available
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
SMK PP Negeri Kupang
Abstract
Perpustakaan tidak saja mendorong berkembangnya “literacy” (kemampuan
membaca dan menulis), tetapi lebih jauh dapat mengembangkan “functional literacy”
(kemampuan membaca dan menulis secara fungsional) di rumah, pekerjaan dan
masyarakat. Dan perpustakaan lebih lanjut dapat mengembangkan dan memenuhi apa
yang disebut “information literacy” yaitu kemampuan untuk memperoleh atau
mencari informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan. Sesuai dengan perkembangan
di bidang teknologi informasi maka information literacy dengan cepat berkembang ke
suatu kebutuhan “electronic information technologies” yaitu informasi yang
diperoleh melalui teknologi informasi. Hal ini mendorong suatu kebutuhan akan
adanya perubahan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Pemberlakuan
Kurikulum 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun pelajaran
2013/2014, di mana salah satu poin pentingnya adalah bahwa ruang kelas bukanlah
satu-satunya tempat pembelajaran. Dalam konteks ini, perpustakaan sekolah
memegang peran penting dalam proses pembelajaran dan pemerolehan ilmu
pengetahuan bagi peserta didik dengan konsep kurikulum 2013 adalah mencari tahu
dan bukan diberitahu. Dan salah satu fungsi dari perpustakaan sekolah tersebut adalah
menyediakan bahan informasi yang diperlukan oleh para pemustaka untuk
mendukung terlaksananya implementasi kurikulum 2013 tersebut.
Description
Perpustakaan tidak saja mendorong berkembangnya “literacy” (kemampuan
membaca dan menulis), tetapi lebih jauh dapat mengembangkan “functional literacy”
(kemampuan membaca dan menulis secara fungsional) di rumah, pekerjaan dan
masyarakat. Dan perpustakaan lebih lanjut dapat mengembangkan dan memenuhi apa
yang disebut “information literacy” yaitu kemampuan untuk memperoleh atau
mencari informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan. Sesuai dengan perkembangan
di bidang teknologi informasi maka information literacy dengan cepat berkembang ke
suatu kebutuhan “electronic information technologies” yaitu informasi yang
diperoleh melalui teknologi informasi. Hal ini mendorong suatu kebutuhan akan
adanya perubahan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Pemberlakuan
Kurikulum 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun pelajaran
2013/2014, di mana salah satu poin pentingnya adalah bahwa ruang kelas bukanlah
satu-satunya tempat pembelajaran. Dalam konteks ini, perpustakaan sekolah
memegang peran penting dalam proses pembelajaran dan pemerolehan ilmu
pengetahuan bagi peserta didik dengan konsep kurikulum 2013 adalah mencari tahu
dan bukan diberitahu. Dan salah satu fungsi dari perpustakaan sekolah tersebut adalah
menyediakan bahan informasi yang diperlukan oleh para pemustaka untuk
mendukung terlaksananya implementasi kurikulum 2013 tersebut.
Keywords
Pendidikan