Hortikultura
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Hortikultura by Subject "Bawang merah"
Now showing 1 - 5 of 5
Results Per Page
Sort Options
- ItemBertanam Bawang Merah Tak Kenal Musim(IAARD Press, 2017) Pustaka, Tim
- ItemBudidaya Bawang Merah(Balai Penelitian Tanaman Sayuran, 2005) Sumarni, Nani; Hidayat, Achmad; Balai Penelitian Tanaman SayuranBawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai arti penting bagi masyarakat baik dilihat dari nilai ekonomisnya yang tinggi maupun dari kandungan gizinya. Dalam dekade terakhir ini permintaan akan bawang merah untuk konsumsi dan bibit dalam negeri mengalami peningkatan, sehingga Indonesia harus mengimpor untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mengurangi volume impor, peningkatan produksi dan mutu hasil bawang merah harus senantiasa ditingkatkan melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi. Balai penelitian Tanaman Sayuran (BALITSA) menerbitkan buku panduan teknis “Budidaya Bawang Merah” dengan tujuan untuk menambah informasi usahatani bawang merah. Buku panduan teknis ini merupakan salah satu kelengkapan dalam pengembangan inovasi teknologi bawang merah. Informasi dalam buku ini merupakan hasil penelitian, pengalaman di lapangan, dan informasi yang diperoleh dari keikutsertaan dalam pertemuan ilmiah tentang komoditas bawang merah. Informasi yang disajikan pada buku panduan ini diharapkan akan bermanfaat untuk memperluas wawasan dan pengetahuan bagi yang membutuhkan, khususnya para petugas lapangan dan petani bawang merah.
- ItemBudidaya bawang merah dan cabai merah di lahan pasir pantai selatan D.I. Yogyakarta(Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta, 2004) Budhi lestari, Sri; Marsyhudi, M.Fatchurochim; Hendrata, Reki; Martini, Tri; Sudihardjo; Arlina
- ItemPemasaran Bawang Merah dan Cabai Merah(Balai Penelitian Tanaman Sayuran, 1998) Soetiarso, Thomas Agoes; Balai Penelitian Tanaman SayuranPemasaran termasuk salah satu kegiatan perekonomian yang membantu dalam penciptaan nilai ekonomi dari barang dan jasa. Pemasaran juga merupakan faktor penting dalam siklus yang bermula dan berkahir dengan kebutuhan konsumen. Oleh karen aitu, keberhasilan pemasaran dari suatu produk sangat menentukan keberhasilan suatu kegiatan usahatani. Seperti halnya sifat khas sayuran termasuk bawang merah dan cabai merah yang mudah rusak dan tidak tahan lama, maka proses distribusi harus dilakukan dengan cepat agar produk tersebut dapat diterima konsumen masih dalam keadaan segar. Keterlambatan proses distribusi dapat mengakibatkan barang menjadi busuk, cacat maupun susut sehingga merugikan baik bagi petani maupun para pedagang atau pelaku pasar. Pada Monograf ini dipaparkan beberapa aspek penting dari pemasaran bawang merah dan cabai merah, yaitu informasi, perkembangan dan fluktuasi harga, sistem penjualan, perlakuan selama proses pemasaran, jenis dan pelaku pasar, saluran dan marjin tataniaga.
- ItemPetunjuk Teknis Budidaya Bawang Merah di Lahan dan di dalam Pot/Polybag(Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta, 2018) Sugiartini, Emi; Mayasari, Kartika; Ikrarwati; Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta