Jurnal AgroSainta
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Jurnal AgroSainta by Subject "bauran pemasaran"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemPengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Pestisida Organik secara Online di Landbouw Mart Ketindan(Jurnal AgroSainTa: Widyaiswara Mandiri Membangun Bangsa, 2020-12-03) Hariyani, Nining; Pusat Pelatihan Pertanian, BPPSDMP, Kementerian PertanianPada era globalisasi, pengaruh teknologi internet dalam kehidupan kita saat ini memang tidak bisa dihindari. Hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan selalu berkaitan dengan teknologi internet termasuk dalam kegiatan pemasaran. Manfaat yang ditawarkan cukup banyak yaitu jangkauan lebih luas, biaya pemasaran lebih rendah, proses lebih cepat dan lain sebagainya. Namun, teknologi tersebut belum mampu dimanfaatkan oleh pelaku usaha khususnya bidang pertanian untuk mengembangkan strategi pemasaran berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pestisida organik secara online. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi. Responden dalam penelitian ini adalah 32 pembeli pestisida organik secara online di Landbouw Mart Ketindan (LMK). Penelitian ini dilakukan pada Bulan Agustus hingga Desember 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, promosi, bukti fisik, lokasi, orang, harga dan proses secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Landbouw Mart Ketindan. 3 variabel yang paling dominan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian adalah produk, harga dan bukti fisik. Kontribusi pengaruh atau koefisien determinasi (R ) bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar 65%, sedangkan sisanya 35% dijelaskan oleh variabel yang lain. Hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan variabel produk dan bukti fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga bepengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel lokasi, promosi, orang/operator dan proses tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.