Bunga Rampai Pertanian

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 6
  • Item
    Bunga Rampai Sistem Integrasi Tanaman-Ternak
    (Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, 2011) Penyunting: Kusuma Diwyanto; Bambang Setiadi; Wisri Puastuti
    Sistem integrasi tanaman-ternak (SITT) merupakan usaha pertanian terpadu yang sangat efisien dan telah menjadi bagian dari budaya bertani masyarakat petani di Indonesia. Kearifan lokal ini perlu terus untuk dikembangkan dan dibina dengan baik sehingga mampu meningkatkan pendapatan petani. Salah satu variasi model integrasi usahatani ini adalah integrasi sapi di lahan perkebunan kelapa sawit (SISKA). Potensi lahan perkebunan sawit yang sangat besar di Indonesia tidak dapat dipungkiri mampu menjadi sumber pakan bagi usaha ternak sapi. Melalui implementasi program SITT berbasis tanaman sawit, diharapkan program nasional menuju swasembada daging sapi dapat terwujud. Buku Bunga Rampai “Sistem Integrasi Tanaman-Ternak” disusun dengan tujuan untuk menyediakan informasi terkait dengan pengembangan sistem integrasi ternak-tanaman, salah satunya adalah sapi-sawit. Buku ini mencakup berbagai kegiatan penelitian dan pengkajian di beberapa wilayah yang sebagian diantaranya merupakan paper yang sudah dipresentasikan di workshop nasional ”Dinamika dan Keragaan Sistem Integrasi Ternak-Tanaman: Padi, Sawit, Kakao” pada tanggal 10 Agustus 2009 oleh Puslitbang Peternakan, Bogor.
  • Item
    Bunga Rampai Teknik Produksi Benih Kedelai
    (IAARD Press, 2017) Penyunting: Novita Nugrahaeni; Abdullah Taufiq; Joko Susilo Utomo
    Benih bermutu adalah garansi sukses usahatani, sekaligus sebagai wahana ekspresi keunggulan teknologi, baik varietas maupun budi daya. Benih bermutu didapatkan melalui serangkaian proses sejak di lapangan, prosesing hingga penyimpanan. Pada setiap tahapan proses tersebut, terdapat fase kritis yang harus diperhatikan agar didapatkan benih bermutu tinggi. Guna mendukung program Mandiri Benih, Balitkabi menerbitkan buku Bunga Rampai Teknik Produksi Benih Kedelai, yang berisi pengalaman Balitkabi dalam memproduksi benih dan informasi keilmuan yang mendasarinya.
  • Item
    Introduksi Teknologi Pertanian dalam Pendampingan Berbasis Kawasan
    (IAARD Press, 2019) Editor: Maesti Mardiharini; Siti Sehat Tan; Yovita Anggita Dewi; Vyta W. Hanifah; Nafiah Afaf
    Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional oleh peneliti/penyuluh BPTP ditujukan untuk mendorong motivasi petani untuk tahu, mau, dan mampu menerapkan inovasi teknologi yang diintroduksikan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan pendapatan. Seiring dengan dinamika pembangunan pertanian, Kementerian Petanian memilah komoditas ke dalam empat kawasan yaitu: (a) Tanaman Pangan, (b) Hortikultura, (c) Perkebunan, dan (d) Peternakan. Pemilahan kawasan ini membawa implikasi pada pola pendampingan, disesuaikan dengan karakteristik masing-masing kelompok kawasan dan fokus komoditas.
  • Item
    Jelajah Inovasi Pertanian Wilayah Perbatasan
    (IAARD Press, 2018) Rubiyo; Alihamsyah, Trip; Bakrie, Bachtar; Hendayana, Rachmat; Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
  • Item
    Aktualisasi Teknologi Inovatif Pemanfaatan Lahan Pekarangan
    (IAARD Press, 2019) Mulyandari, Retno Sri Hartati; Ariani, Mewa; Hendayana, Rachmat; Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian