Optimalisasi penyebaran informasi mengenai metode pembayaran PNBP Karantina Pertanian secara non tunai melalui media cetak stand banner dan spanduk di Unit Kerja Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru Wilayah Kerja Tembilahan: Laporan Aktualisasi

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PPMKP
Abstract
Kegiatan aktualisasi yang berjudul “Optimalisasi Penyebaran Informasi Mengenai Metode Pembayaran PNBP Karantina Pertanian Secara Non Tunai Melalui Media Cetak stand banner dan Spanduk di Unit Kerja Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru Wilayah Kerja Tembilahan” merupakan bagian dari salah satu syarat kelulusan peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III. Pada kegiatan aktualisasi ini diawali dari environmental scanning di unit kerja Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru wilayah kerja Tembilahan dan menemukan 4 isu yang dianalisis menggunakan metoda APKL dan USG menghasilkan isu utama yaitu belum optimalnya sosialiasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat mengenai metode pembayaran secara non tunai dalam pembayaran PNBP karantina di wilayah kerja Tembilahan. Lalu dari isu utama tersebut dianalisislah alternatif gagasan penyelesaian isu menggunakan metode tapisan McNamara sehingga didapatkan gagasan utama pemecahan isu yaitu pembuatan media cetak stand banner dan spanduk di kantor Balai Karantina Pertanian kelas I Pekanbaru wilayah kerja Tembilahan untuk membantu pengguna jasa yang datang ke kantor dalam memahami metode pembayaran PNBP secara non tunai. Nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK, kemampuan manajemen ASN dan Smart ASN telah diterapkan dalam mendukung kegiatan aktualisasi ini. Dalam tahapan kegiatan aktualisasi ini nilai – nilai yang paling dominan terjadi adalah Kolaboratif yaitu adanya upaya membangun kerjasama yang sinergis untuk mencapai tujuan bersama dalam hal ini untuk pengerjaan dan penyelesaian aktualisasi ini, hal ini tampak dalam setiap tahapan kegiatan yang menunjukkan adanya upaya kerjasama yang sinergis dalam menyelesaikan tahapan baik berdiskusi dengan mentor, rekan kerja, maupun dengan pihak-pihak terkait lainnya yang mana hal ini diharapkan memberi manfaat yang terbaik kedepannya. Kegiatan sosialisasi dilakukan secara lisan kepada pengguna jasa dan menggunakan stand banner serta spanduk yang telah mendapatkan respon positif dari masyarakat terutama pengguna jasa karantina di Wilayah Kerja Tembilahan yang merasa terbantu dengan informasi tersebut yang diketahui melalui tanya jawab secara langsung.
Description
Keywords
Pelayanan Publik; Informasi Pembayaran PNBP; Media Cetak; Stand Banner dan Spanduk; BKP Kelas I Pekanbaru; Laporan Aktualisasi; LATSAR CPNS Gol III/19/2022
Citation