ANALISIS ATRIBUT DAN STRATEGI WARUNG KOPI DALAM MEMPERTAHANKAN KONSUMEN DI KOTA MEDAN
No Thumbnail Available
Date
2014-12
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERKEBUNAN
Abstract
Kopi menjadi komoditas potensial dan berpengaruh terhadap perekonomian Kota Medan yang perlu dikembangkan, karena terjadi peningkatan kebutuhan atau konsumsi terhadap kopi. Tingkat konsumsi kopi dan perubahan gaya hidup masyarakat yang meningkat mengakibatkan berkembangnya industri warung kopi (tradisional, modern). Untuk mengetahui agar warung kopi dapat mempertahankan konsumen dalam persaingan, dilakukan pengkajian secara cross sectional dengan metode survei pada warung kopi di jalan Setiabudi Kota Medan. Pengumpulan data diawali dengan cara natural setting dan selanjutnya diskusi kelompok terfokus. Analisis data secara deskriptif dan IPA (importance performance analysis). Hasil kajian, konsumen biasanya berkunjung baik di hari kerja maupun hari libur. Atribut yang dianggap penting dengan tingkat kinerja tinggi (kuadran II) adalah cita rasa dan aroma, kehigienisan minuman dan perlengkapannya, kesigapan pramusaji, keramahan dan kesopanan pramusaji, dan kecepatan penyajian. Rataan tingkat kepentingan dan kinerja atribut adalah 3,93 (penting) dan 3,58 (baik). Strategi produk, atribut cita rasa kopi dapat terus dijaga kualitasnya dengan terus menggunakan alat ukur yang selama ini telah digunakan sehingga takarannya selalu pas. Atribut aroma dapat terus dijaga dengan terus menyeduh kopi dengan panas yang sesuai sehingga aromanya dapat tercium karena bila kurang panas, aroma tidak dapat tercium. Strategi harga yang dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk, maupun pelayanan restoran dengan harga tetap, sehingga konsumen semakin puas dan semakin loyal serta tidak beralih ke warung kopi lain. Apabila pihak warung kopi ingin menaikkan harga, sebaiknya mempertimbangkan pendapatan konsumen. Atribut yang harus diperbaiki yaitu kenyamanan tempat minum, kebersihan tempat minum, dan lokasi warung kopi. Strategi tempat yang dapat dilakukan adalah dengan pindah ke gerai lainnya agar mudah terlihat. Untuk kebersihan dan kenyamanan, pihak warung kopi diharapkan dapat membersihkan wilayah sekitar tanpa menunggu petugas kebersihan.
Description
Keywords
E Economics, development, and rural sociology/Ekonomi, Pembangunan dan Sosiologi Pedesaan::E73 Consumer economics/Ekonomi konsumen, E Economics, development, and rural sociology/Ekonomi, Pembangunan dan Sosiologi Pedesaan::E20 Organization, administration and management of agricultural enterprise or farms// Organisasi, Administrasi dan Pengelolaan Perusahaan Pertanian/Usaha tani