Budidaya Tanaman Klausena dan Peluang Agribisnisnya Di Sumatera Barat

Loading...
Thumbnail Image
Date
1996
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
CV. Gaya Teknik
Abstract
Tanaman hasil grafting Clausena excavate Burm, f. (tanaman asli Indonesia) yang dikenal dengan nama "Sicerek" di Sumatera Barat dengan Clausena anisata Hook, f. (berasal dari Afrika tropis) pada saat ini sedang dikembangkan sebagai penghasil minyak atsiri baru Tanaman klausena hasil grafting ini mengandung minyak anethol yang cukup tinggi 91-93% dan mempunyai rasa dan aroma yang spesifik, adalah tanaman yang sangat potensial sebagai substitusi minyak star anis yang dihasilkan oleh tanaman Illicium verum Hook. F., yang berasal dari RRC (terutama ditemui di daerah Cina sebelah Tenggara dan Tonkin. Di Philipina minyak anis berasal dari tanaman Clausena anisum olens Merril, minyak ini banyak digunakan sebagai pencampur minuman penyegar dengan nama "anisados" Sedangkan di Eropa Barat minyak anis digunakan untuk pencampur minuman segar yang biasa digunakan untuk minuman sehari-hari.
Description
Tanaman hasil grafting antara Clourena excavata Burm f. (tanaman asli Indonesia) dengan Clausena antsata Hook f. (berasal dari Afrika tropis) pada saat ini sedang dikembangkan sebagai tanaman penghasil minyak atsiri baru. Tanaman Klausena hasil grafting ini mengandung minyak anethol yang cukup tinggi (91-93%), mempunyai rasa dan aroma yang spesifik, adalah tanaman yang sangat potensial sebagai substitusi minyak star anis yang dihasilkan oleh tanaman Illicium verum yang berasal dari RRC (terutama ditemui di daerah China sebelah Tenggara dan Tonkin).
Keywords
A Agriculture/Pertanian, A Agriculture/Pertanian::A01 Agriculture - General aspects/Pertanian Aspek Umum, F Plant production/Produksi Tanaman::F01 Crop Husbandry/Pertanaman
Citation
Collections