Kajian Manfaat Pengaadan Bahan Baku Jamu dan Obat Tradisional

Loading...
Thumbnail Image
Date
1990
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Pusat Penelitian Obat Tradisional Universitas Gadjah Mada
Abstract
Yang menarik untuk diperhatikan adalah bukan hanya kenaikan kuantitas produk dengan indikasi konvensional seperti penguat, pelangsing tubuh atau penyegar badan, tetapi terjadi pula diversifikasi indikasi produk sesuai dengan pergeseran pola penyakit yang sedang terjadi di Indonesia yaitu dari penyakit infeksi ke penyakit kardiovaskular, metabolisme dan kejiwaan seperti hipertensis, diabetes, hiperkolesterolemia, kanker, kencing batu dan strees. Peningkatan ini memberikan konsekuensi pada kenaikan pengadaan bahan baku, bukan hanya kuantitasnya tetapi juga jenis bahan bakunya.
Description
Perkembangan obat tradisional Indonesia atau yang saat ini semakin populer dengan sebutan jamu memberikan kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut terlihat jelas pada pertambahan jumlah perusahaan atau industri jambu baik kecil maupun besar yang berarti merupakan tanda pula adanya kenaikan konsumsi olch masyarakat baik di dalam maupun saat ini telah sampai ke luar negeri.
Keywords
A Agriculture/Pertanian, A Agriculture/Pertanian::A01 Agriculture - General aspects/Pertanian Aspek Umum, A Agriculture/Pertanian::A50 Agricultural research/Penelitian Pertanian
Citation
Collections