Pengembangan Kelapa di Lahan Pasang Surut dan Rawa Lebak

Loading...
Thumbnail Image
Date
1988
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Balai Penelitian Kelapa
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi dalam upaya pengembangan kelapa di Indonesia ialah keterbatasan lahan yang dianggap optimal, baik dari segi persyaratan tumbuh kelapa maupun kemudahan sarana dan prasarana. Lahan yang tersedia sekarang terutama lahan-lahan yang dikategorikan bermasalah seperti podzolik serta rawa pasang surut dan lebak. Dibandingkan lahan pasang surut dan rawa lebak, pengembangan dan pe manfaatan lahan podzolik sudah jauh lebih maju.
Description
Di pandang dari sudut hubungan tanah-tanaman, masalah yang dihadapi mencakup tata air, sifat fisik, dan kimin tanah yang menyebabkan tingkat kesuburannya umumnya kurang menguntungkan bagi pertumbuhan kebanyakan tanaman. Sifat dan ciri tanah lahan rawa pasang surut dan lebak adalah khas dan dalam banyak hal berbeda dengan tanah di lahan kering. Dengan demikian, paket-paket teknologi yang biasa diterapkan atau jenis tanaman yang biasanya dikembangkan di lahan kering tidak dapat langsung diterapkan di lahan pasang surut atau lebak.
Keywords
A Agriculture/Pertanian, A Agriculture/Pertanian::A50 Agricultural research/Penelitian Pertanian, E Economics, development, and rural sociology/Ekonomi, Pembangunan dan Sosiologi Pedesaan::E20 Organization, administration and management of agricultural enterprise or farms// Organisasi, Administrasi dan Pengelolaan Perusahaan Pertanian/Usaha tani
Citation
Collections