Sistem Informasi sarana dan Prasarana berbasis digital pada Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan : Laporan Aksi Perubahan Kinerja Pelayanan Publik
Loading...
Date
2023
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
BBPMKP
Abstract
Era 5.0 merupakan era penggunaan ilmu pengetahuan yang berbasis teknologi untuk kebutuhan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Dengan menerapkan sistem digitalisasi pada bidang tersebut, Pengelolaan sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Sistem informasi sarana dan prasarana berbasis digital merupakan inovasi dalam menyelenggarakan pelayanan prima untuk mendukung semangat reformasi birokrasi dan ASN BerAKHLAK.
Proses penetapan masalah dilakukan dengan metode USG (Urgency, Seriousness dan Growth). Masalah yang memenuhi kriteria USG selanjutnya dianalisis mengunakan metode Fishbone diagram untuk menentukan masalah prioritas. Masalah prioritas selanjutnya dilakukan analisis tapisan MC. Namara untuk menentukan gagasan pemecahan masalah yang dilakukan dengan melihat faktor-faktor yang jadi penyebab masalah. Oleh karena itu, masalah yang diangkat dalam kegiatan rancangan aksi perubahan adalah masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Dengan inovasi yang dilakukan yaitu sistem informasi sarana dan prasarana berbasis digital akan menyelesaikan masalah terpilih pada aksi perubahan ini.
Hasil dari kegiatan Informasi Sarana dan Prasarana Berbasis Digital di Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan pertolongan adalah adanya peningkatan kualitas layanan di bidang pengelolaan sarana dan prasarana berupa permohonan peminjaman saran dan prasarana dapat diajukan darimana saja dan kapan saja, Penjadwalan perawatan outomatis dalam peringatan perbaikan efektif, transparan dan efisien; serta peningkatan kinerja organisasi dengan percepatan akses informasi.
Beberapa faktor yang menjadi key success factor keberhasilan aksi perubahan ini antara lain: dukungan mentor atau atasan langsung, dukungan dari para stakeholder serta para pengguna dari Sistem Informasi Sarana dan Prasarana Berbasis Digital di Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan pertolongan. Melihat pentingnya aktor-aktor tersebut, maka dilakukan pendekatan-pendekatan komunikasi sesuai dengan strategi komunikasi yang telah dirancang sehingga beberapa stakeholder yang berada di kuadran kiri dapat berpindah ke kuadran kanan.
Description
Keywords
Sarana dan Prasarana;Aplikasi SISAPRANA;Sistem Informasi Sarana dan Prasarana (SISAPRANA);Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan (BPSDMPP);Badan SAR Nasional (BASARNAS);Laporan Aksi Perubahan;Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP);PKP/18/2023;