Pembuatan Biodiesel dari Kemiri Sunan (Reutealis trisperma (Blanco) Air Shaw) dan Pemanfaatan Hasil Samping

Abstract
Kemiri Sunan merupakan salah satu komoditas tanaman penghasil minyak nabati non edibel yang prospektif sebagai bahan baku biodiesel. Disamping produktivitasnya yang tinggi, rendemen minyak kasar dari kernelnya dapat mencapai 50%, dengan rata-rata angka asam lemak bebasnya cukup rendah. Habitusnya yang berupa pohon dengan kanopi daun yang lebar dan sistem perakaran tunjangnya sangat sesuai untuk digunakan sebagai tanaman konservasi.
Description
Buku ini menyajikan proses pembuatan biodiesel dari minyak kasar kemiri sunan dan pemanfaatan hasil sampingnya disertai bahasan yang mendetil peralatan dan langkah-langkah operasionalnya. Bahan-bahan yang disajikan dalam buku ini bersumber dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan selama kurun waktu sekitar 4 tahun terakhir disertai dengan sumber referensi terkait disertai dengan sumber referensi terkait lainnya. Buku ini juga memuat uraian tentang karakteristik tanaman, pemanenan dan penanganan hasil panen buah segar, ekstrasi dan pengolahan minyak mentahnya menjadi bahan baku yang siap diproses menjadi biodiesel.
Keywords
A Agriculture/Pertanian, A Agriculture/Pertanian::A01 Agriculture - General aspects/Pertanian Aspek Umum, A Agriculture/Pertanian::A50 Agricultural research/Penelitian Pertanian
Citation