Teknologi Inovatif Budi Daya Sayuran Lahan Kering Berbasis Pengelolaan Hara Terpadu Menuju Terwujudnya Ekonomi Biru (Pertanian Ramah Lingkungan)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2013
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
IAARD Press
Abstract
Pengelolaan Hara Terpadu sayuran merupakan suatu pendekatan inovatif dalam upaya memelihara kesuburan tanah dan menyediakan hara tanaman pada taraf optimum untuk keberlanjutan produktivitas tanaman. Ini dapat dilakukan melalui optimalisasi manfaat dari semua kemungkinan sumber nutrisi tanaman seperti pupuk kimia, pupuk organik, dan pupuk hayati secara terpadu. Selaras dengan domain pembangunan pertanian masa depan, upaya peningkatan produksi sayuran pada lahan kering memerlukan penerapan teknologi inovatif ramah lingkungan bernuansa ekonomi biru (blue economy). Ekonomi biru adalah ekonomi yang merespon kebutuhan dasar dari ekonomi berbasis produk ke ekonomi berbasis sistem dimana tiap produk sampingan adalah sumber untuk produk baru (tidak ada limbah). Pola ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing, produktivitas, dan nilai tambah produk yang dihasilkan.
Description
Orasi Pengukuhan Profesor Riset Bidang Budidaya Tanaman, Bogor, 31 Desember 2013
Keywords
Research Subject Categories::F Plant production/Produksi Tanaman::F01 Crop Husbandry/Pertanaman, Tanaman sayuran, Budidaya, Pengelolaan Hara Terpadu
Citation