Pengaruh Minat dan Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Peserta Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Terampil di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara
No Thumbnail Available
Date
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Kelompok Penyelenggaraan, Kelembagaan dan Ketenagaan Pelatihan - Pusat Pelatihan Pertanian - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian - Kementerian Pertanian
Abstract
Description
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai : 1)pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasarfungsional penyuluh pertanian terampil, 2) pengaruh percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil, dan 3) pengaruh minat belajar dan percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH)Cinagara Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di BBPKH Cinagara Bogor.Waktu penelitian dilaksanakan di bulan Agustus s/d September 2018.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar (X1) berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar (Y). Percaya diri (X2) berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar (Y) dan kombinasi minat belajar (X1)dan percaya diri (X2) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar (Y).Hasil analisis regresi berganda menunjukkan model regresiY=19,319+0,191X1+0,619X2. Lebih lanjut, uji parsial dan simultandengan nilai signifikansi p < 0,05 menunjukkan kontribusi yangdiberikan sebesar 43% untuk minat belajar dan 61% untuk percaya diri.Besarnya pengaruh minat belajar dan percaya diri terhadap prestasibelajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian terampiladalah sebesar 57% dan 39% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang signifikan antara minat belajar dan percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil di BBPKH Cinagara Bogor secara parsial maupunsimultan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai : 1)pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasarfungsional penyuluh pertanian terampil, 2) pengaruh percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil, dan 3) pengaruh minat belajar dan percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH)Cinagara Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di BBPKH Cinagara Bogor.Waktu penelitian dilaksanakan di bulan Agustus s/d September 2018.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar (X1) berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar (Y). Percaya diri (X2) berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar (Y) dan kombinasi minat belajar (X1)dan percaya diri (X2) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar (Y).Hasil analisis regresi berganda menunjukkan model regresiY=19,319+0,191X1+0,619X2. Lebih lanjut, uji parsial dan simultandengan nilai signifikansi p < 0,05 menunjukkan kontribusi yangdiberikan sebesar 43% untuk minat belajar dan 61% untuk percaya diri.Besarnya pengaruh minat belajar dan percaya diri terhadap prestasibelajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian terampiladalah sebesar 57% dan 39% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang signifikan antara minat belajar dan percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil di BBPKH Cinagara Bogor secara parsial maupunsimultan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai : 1)pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasarfungsional penyuluh pertanian terampil, 2) pengaruh percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil, dan 3) pengaruh minat belajar dan percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH)Cinagara Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di BBPKH Cinagara Bogor.Waktu penelitian dilaksanakan di bulan Agustus s/d September 2018.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar (X1) berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar (Y). Percaya diri (X2) berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar (Y) dan kombinasi minat belajar (X1)dan percaya diri (X2) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar (Y).Hasil analisis regresi berganda menunjukkan model regresiY=19,319+0,191X1+0,619X2. Lebih lanjut, uji parsial dan simultandengan nilai signifikansi p < 0,05 menunjukkan kontribusi yangdiberikan sebesar 43% untuk minat belajar dan 61% untuk percaya diri.Besarnya pengaruh minat belajar dan percaya diri terhadap prestasibelajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian terampiladalah sebesar 57% dan 39% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang signifikan antara minat belajar dan percaya diriterhadap prestasi belajar peserta pelatihan dasar fungsional penyuluhpertanian terampil di BBPKH Cinagara Bogor secara parsial maupunsimultan.
Keywords
minat belajar, percaya diri, prestasi belajar