Pengaruh Off the Job Training dan Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar serta Dampaknya terhadap Persentase Hasil Kemajuan Belajar Peserta Pelatihan Pemeriksa Kebuntingan
No Thumbnail Available
Date
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Kelompok Penyelenggaraan, Kelembagaan dan Ketenagaan Pelatihan - Pusat Pelatihan Pertanian - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian - Kementerian Pertanian
Abstract
Description
Penelitian ini ditunjukan untuk menguji pengaruh off the job training danmotivasi belajar terhadap minat belajar serta dampaknya terhadappersentase hasil kemajuan belajar peserta pelatihan pemeriksakebuntingan (Pkb) baik secara simultan maupun parsial, menentukanvariabel dominan, juga untuk menentukan direct effect, indirect effectdan total effect disertai uji beda parametris pada dua data yangberpasangan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiankuantitatif, terdapat kecenderungan peningkatan padadengan rataan peningkatan 30.476, secara simultan pengaruh off the job trainingdan motivasi terhadap minat belajar adalah signifikan positif,secara parsial off the job training atau motivasi belajar berpengaruhpositif secara signifikan terhadap minat belajar, ditemukan kontribusipengaruh variabel off the job training 53,87% lebih dominan daripadamotivasi belajar terhadap minat belajar, secara simultan off the job trainingmotivasi belajar dan minat belajar pengaruh signifikan positifterhadap persentase hasil kemajuan belajar, secara parsial variable off the job trainingmotivasi belajar maupun minat belajar signifikan positifterhadap persentase hasil kemajuan belajar, ditemukan kontribusipengaruh variabel minat belajar lebih dominan daripada off the job trainingmaupun motivasi belajar terhadap persentase hasil kemajuanbelajar sebesar 69,54%. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh off the job trainingsignifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar dansecara tidak langsung motivasi belajar melalui minat belajar berpengaruhsignifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar.
ÂÂÂ
Penelitian ini ditunjukan untuk menguji pengaruh off the job training danmotivasi belajar terhadap minat belajar serta dampaknya terhadappersentase hasil kemajuan belajar peserta pelatihan pemeriksakebuntingan (Pkb) baik secara simultan maupun parsial, menentukanvariabel dominan, juga untuk menentukan direct effect, indirect effectdan total effect disertai uji beda parametris pada dua data yangberpasangan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiankuantitatif, terdapat kecenderungan peningkatan padadengan rataan peningkatan 30.476, secara simultan pengaruh off the job trainingdan motivasi terhadap minat belajar adalah signifikan positif,secara parsial off the job training atau motivasi belajar berpengaruhpositif secara signifikan terhadap minat belajar, ditemukan kontribusipengaruh variabel off the job training 53,87% lebih dominan daripadamotivasi belajar terhadap minat belajar, secara simultan off the job trainingmotivasi belajar dan minat belajar pengaruh signifikan positifterhadap persentase hasil kemajuan belajar, secara parsial variable off the job trainingmotivasi belajar maupun minat belajar signifikan positifterhadap persentase hasil kemajuan belajar, ditemukan kontribusipengaruh variabel minat belajar lebih dominan daripada off the job trainingmaupun motivasi belajar terhadap persentase hasil kemajuanbelajar sebesar 69,54%. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh off the job trainingsignifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar dansecara tidak langsung motivasi belajar melalui minat belajar berpengaruhsignifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar.
Penelitian ini ditunjukan untuk menguji pengaruh off the job training danmotivasi belajar terhadap minat belajar serta dampaknya terhadappersentase hasil kemajuan belajar peserta pelatihan pemeriksakebuntingan (Pkb) baik secara simultan maupun parsial, menentukanvariabel dominan, juga untuk menentukan direct effect, indirect effectdan total effect disertai uji beda parametris pada dua data yangberpasangan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiankuantitatif, terdapat kecenderungan peningkatan padadengan rataan peningkatan 30.476, secara simultan pengaruh off the job trainingdan motivasi terhadap minat belajar adalah signifikan positif,secara parsial off the job training atau motivasi belajar berpengaruhpositif secara signifikan terhadap minat belajar, ditemukan kontribusipengaruh variabel off the job training 53,87% lebih dominan daripadamotivasi belajar terhadap minat belajar, secara simultan off the job trainingmotivasi belajar dan minat belajar pengaruh signifikan positifterhadap persentase hasil kemajuan belajar, secara parsial variable off the job trainingmotivasi belajar maupun minat belajar signifikan positifterhadap persentase hasil kemajuan belajar, ditemukan kontribusipengaruh variabel minat belajar lebih dominan daripada off the job trainingmaupun motivasi belajar terhadap persentase hasil kemajuanbelajar sebesar 69,54%. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh off the job trainingsignifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar dansecara tidak langsung motivasi belajar melalui minat belajar berpengaruhsignifikan terhadap persentase hasil kemajuan belajar.
Keywords
off the job training, motivasi belajar, minat belajar, persentase hasil kemajuan belajar