AKTIVITAS PUSTAKAWAN DALAM LAYANAN PENELUSURAN ELEKTRONIS (Studi kasus di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian)

No Thumbnail Available
Date
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Abstract
Description
Kepuasan pengguna merupakan ukuran keberhasilan suatu perpustakaan dalam menerapkan layanan prima. Hal ini berkaitandengan cara berkomunikasi dan sikap pustakawan dalam memberi bimbingan, arahan, dan memenuhi kebutuhan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengetahuan pustakawan terhadap latar belakang pengguna, jenis informasi, dan penguasaan teknik penelusuran dapat mempercepat pemberian layanan kepada pengguna. Suatu studi kasus dengan pendekatan kualitatif telah dilaksanakan pada bulan Juni 2011 terhadap dua responden yang berprofesi masing-masing sebagai peneliti dan penulis yang berkunjung ke perpustakaan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA). Tujuannya adalah untuk menggambarkan aktivitas pustakawan PUSTAKA dalam memberikan layanan penelusuran kepada pengguna dalam memperoleh informasi melalui pangkalan data online. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa sikap dan kemampuan pustakawan dalam berkomunikasi dan memberikan pelayanan kepada pengguna telah sesuai dengan konsep layanan prima. Hal ini berdampak pada kepuasan pengguna dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.
Keywords
Librarians, communications, information retrieval services, users' statisfaction
Citation