PUSH PULL STRATEGY DALAM MEMASARKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN BALAI PENELITIAN TANAMAN REMPAH DAN OBAT

No Thumbnail Available
Date
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Abstract
Description
Suatu kajian telah dilakukan untuk mengukur strategi push and pull dalam pemasaran informasi yang dihasilkan oleh Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) yang ditempatkan dalam blog selama tahun 2008-2011. Pengukuran secara kualitatif terhadap komentar pengguna mengenai produk informasi dan blog dilakukan terhadap tiga komponen, yaitu behavioural data, outcome dan experience yang dikembangkan oleh Avinash Kaushik. Jumlah produk yang di-posting dan akses ke produk informasi dalam blog dihitung sebagai data kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 46 produk yang di-posting diperoleh 136 komentar dengan jumlah akses 1.036.111. Sebanyak 99 komentar merupakan permintaan artikel dari produk yang ditawarkan, yang dalam kajian ini digunakan istilah pull, 10 komentar merupakan pertanyaan umum seperti penelusuran informasi, dan 27 komentar lainnya bernada positif dan mendukung upaya pustakawan dalam memasarkan informasi dan memperluas layanan jasa perpustakaan secara virtual.Jumlah keteraksesan informasi yang tinggi tidak berbanding lurus dengan kebutuhan aktual informasi pemustaka. Hal ini ditunjukkan oleh jumlah akses tertinggi 1.018.119 (98,26%) pada 30 produk Bibliografi Khusus Tanaman Obat dan Rempah dengan 30 (30,30%) permintaan artikel, dibandingkan dengan 5.041 (0,49%) akses ke satu produk informasi bibit dengan 65 (65,6%) permintaan artikel dari 99 permintaan artikel untuk semua produk yang disediakan dalam blog.
Keywords
Pemasaran perpustakaan, blog, strategi push-pull, produk informasi, media sosial, layanan perpustakaan online
Citation