Srategi Pemasaran Beras Kemas Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Gapoktan Harapan Makmur
No Thumbnail Available
Date
2022-09-01
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia
Abstract
Beras merupakan bahan pangan pokok bagi lebih dari 95 persen penduduk
Indonesia. Petani padi menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai sumber
pendapatan bagi jutaan rumah tangga pertanian. Gapoktan Harapan Makmur
merupakan lembaga usaha yang bergerak dalam bidang produksi beras. Studi ini
menguraikan rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pemasaran beras yang
dilakukan oleh Gapoktan Harapan Makmur dalam meningkatkan penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana Strategi
Pemasaran Beras dalam Meningkatkan Penjualan pada Gapoktan Harapan
Makmur. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research)
dengan pendekatan kualitatif. Field research yang digunakan dalam penelitian
kualitatif ini menghasilkan data tentang strategi pemasaran yang diartikan sebagai
fakta atau informasi dari Gapoktan Harapan Makmur. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan observasi
langsung pada Ketua Gapoktan Harapan Makmur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dalam melakukan proses jual beli, Gapoktan Harapan Makmur menerapkan
beberapa strategi pemasaran yaitu a) strategi produk dengan menawarkan 4 macam
merek beras, b) strategi penetapan harga yang ditetapkan berdasarkan beberapa
pertimbangan, c) strategi tempat/distribusi dengan melihat berbagai potensi pasar
pada suatu wilayah dan d) strategi promosi dengan menggunakan media online
yaitu melalui Facebook dan WhatsApp, dan media offline yaitu brosur dan pamflet.
Description
Keywords
beras kemas, penjualan, strategi pemasaran,