KOMPETENSI PENILAIAN DUPAK
No Thumbnail Available
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Jurnal Agrosainta
Abstract
Abstrak
Tim Penilai Instansi (TPI) mempunyai peranan penting dalam
menjembatani dan membina widyaiswara di instansinya untuk menyusun
Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit DUPAK). Bagi Widyaiswara
Ahli Madya dengan pangkat Pembina Utama Muda dengan ruang
Golongan IV/c sampai dengan Widyaiswara Ahli Utama dengan pangkat
Pembina Utama dengan ruang Golongan IV/e yang usulan DUPAKnya
dinilai oleh Lembaga Administrasi Negara LAN) sebagai Tim Penilai
Pusat (TPP setelah usulan tersebut sebelumnya dievaluasi oleh Tim
Penilai Instansi (TPI) yang berada di masing-masing Kementerian. Peran
TPI antara lain adalah mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap
DUPAK yang diusulkan an selanjutnya dijadikan umpan balik melalui
sosialisasi ke para widyaiswara dalam penyusunan angka kredit yang
baik dan benar. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui tingkat
kualitas kompetensi TPI dibandingkan dengan TPP. Dengan semakin
baik kualitas penilaian TPI maka akan semakin baik pula TPI dalam
memberikan pembimbingan menyusun DUPAK kepada para
widyaiswara. Hipotesis dari penelitian ini adalah H0 : adalah tidak ada
perbedaan kompetensi penilaian antara TPI dan TPP; dan Ha Terdapat
perbedaan kompetensi penilaian antara TPI dan TPP. Metoda yang
digunakan adalah metoda statistik Indepenent Sample T-test parametris
untuk pengujian hipotesis komparatif dengan 2 (dua) sampel berkorelasi
dengan menggunakan t-test. Hasil perhitungan t hit selama 3 (tiga)
(
(
)
:
periode penilaian secara konsisten telah menunjukkan bahwa t hitung
t tabel ( Periode Januari 2017 hitung : 4,130
≥
≥
t
t tabel 2,034; Periode
Penilaian Oktober 2017 t hitung :4,619
t tabel 2,037; dan Periode
≥
≥
Penilaian Januari 2018 t hitung : 4,192
t tabel 2,039). Dengan
demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa masih
terdapat perbedaan kompetensi penilaian dari TPI dan TPP atau
kompetensi penilaian Dupak TPI masih belum setara dengan TPP.
Untuk itu diperlukan upaya peningkatan kompetensi penilaian dari TPI
agar dapat melakukan pembinaan penilaian terhadap widyaiswara
dapat lebih baik lagi.
Description
Keywords
: TPI, TPP, DUPAK, Widyaiswara