Repository logo
  • English
  • CatalĆ 
  • ČeÅ”tina
  • Deutsch
  • EspaƱol
  • FranƧais
  • GĆ idhlig
  • LatvieÅ”u
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • PortuguĆŖs
  • PortuguĆŖs do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • TürkƧe
  • ŅšŠ°Š·Š°Ņ›
  • বাংলা
  • ą¤¹ą¤æą¤‚ą¤¦ą„€
  • Ελληνικά
  • YŠŗŃ€Š°Ń—ĢŠ½ŃŃŒŠŗŠ°
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of Repositori
  • English
  • CatalĆ 
  • ČeÅ”tina
  • Deutsch
  • EspaƱol
  • FranƧais
  • GĆ idhlig
  • LatvieÅ”u
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • PortuguĆŖs
  • PortuguĆŖs do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • TürkƧe
  • ŅšŠ°Š·Š°Ņ›
  • বাংলা
  • ą¤¹ą¤æą¤‚ą¤¦ą„€
  • Ελληνικά
  • YŠŗŃ€Š°Ń—ĢŠ½ŃŃŒŠŗŠ°
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Prawiranegara, Darojat"

Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Faktor dan strategi pengembangan pangan lokal hanjeli di desa sukajadi kecamatan wado kabupaten sumedang
    (BPTP Jawa Barat, 2017-10-12) Prawiranegara, Darojat; Histifarina, Dian; Sutrisna, Nana; BPTP Jawa Barat
    Pengembangan pemasaran hanjeli di Desa Sukajadi diharapkan mampu menjadikan hanjeli sebagai komoditi baru di bidang usahatani. Pemerintah dalam program Diversifi kasi Pangan tahun 2017 bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan pangan lokal. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukajadi Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang pada juni 2017 sampai dengan bulan Desember 2017. Metode pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan FGD (Focus Group Discussion). Metode yang digunakan untuk menganalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Faktor pengaruh internal dari sudut pandang produsen secara berurut adalah sebagai berikut: 1) Manajemen/keorganisasian KWT Pantastik, 2) Pemasok bahan baku, 3) Konsumen, 4) Perantara pemasaran dan 5) Pesaing. Faktor pengaruh eksternal dari sudut pandang konsumen secara berurut adalah sebagai berikut: 1) Produk (ragam produk, kualitas, design, kemasan, merk), 2) Promosi (promo penjualan, iklan, tenaga penjualan), 3) Harga produk, dan 4) Tempat (lokasi, cakupan pasar, transfortasi). Strategi pengembangan produk olahan hanjeli pada bidang pemasaran adalah 1) Mendorong hanjeli menjadi pangan fungsional, (2) Meningkatkan jumlah produksi hanjeli, (3) Sosialisasi dan promosi, (4) Pemasaran berorientasi online, (5) Meningkatkan ragam produk olahan hanjeli (produk inovatif), (6) Dukungan terintegrasi, (7) Mendorong pada kekhas-an hanjeli produk lokalita (wisata kuliner).
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Faktor dan strategi pengembangan pangan lokal hanjeli di desa sukajadi kecamatan wado kabupaten sumedang
    (BPTP Jawa Barat, 2017-10-12) Prawiranegara, Darojat; Histifarina, Dian; Sutrisna, Nana; BPTP Jawa Barat
    Pengembangan pemasaran hanjeli di Desa Sukajadi diharapkan mampu menjadikan hanjeli sebagai komoditi baru di bidang usahatani. Pemerintah dalam program Diversifi kasi Pangan tahun 2017 bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan pangan lokal. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukajadi Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang pada juni 2017 sampai dengan bulan Desember 2017. Metode pengambilan sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan FGD (Focus Group Discussion). Metode yang digunakan untuk menganalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Faktor pengaruh internal dari sudut pandang produsen secara berurut adalah sebagai berikut: 1) Manajemen/keorganisasian KWT Pantastik, 2) Pemasok bahan baku, 3) Konsumen, 4) Perantara pemasaran dan 5) Pesaing. Faktor pengaruh eksternal dari sudut pandang konsumen secara berurut adalah sebagai berikut: 1) Produk (ragam produk, kualitas, design, kemasan, merk), 2) Promosi (promo penjualan, iklan, tenaga penjualan), 3) Harga produk, dan 4) Tempat (lokasi, cakupan pasar, transfortasi). Strategi pengembangan produk olahan hanjeli pada bidang pemasaran adalah 1) Mendorong hanjeli menjadi pangan fungsional, (2) Meningkatkan jumlah produksi hanjeli, (3) Sosialisasi dan promosi, (4) Pemasaran berorientasi online, (5) Meningkatkan ragam produk olahan hanjeli (produk inovatif), (6) Dukungan terintegrasi, (7) Mendorong pada kekhas-an hanjeli produk lokalita (wisata kuliner).
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Kaji Terap Pemanfaatan Biochar untuk Meningkatkan Efisiensi Pemupukan NPK & Produktivitas Jagung di Lahan Kering
    (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat, 2018) Sutrisna, Nana; Prawiranegara, Darojat; Sunandar, Bambang; Diwa, AdhityaTri; Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat
    Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang mempunyai arti penting bagi masyarakat baik dilihat dari nilai ekonomisnya yang tinggi maupun dari kandungan gizinya. Usaha untuk meningkatkan hasil pertanian terutama jagung sampai saat ini masih dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Dilain pihak, lahan pertanian semakin berkurang kapasitasnya dalam mendukung pemenuhan hara bagi tanaman. Selain itu, kondisi alam yang tidak menentu akibat dari pemanasan global membuat usaha-usaha pertanian perlu mencari suatu teknologi yang dapat menghadapi hal tersebut. Salah satu teknologi tersebut adalah teknologi "Biochar". BPTP Jawa Barat memiliki peran sangat strategisdalam mendukung Program Swasembada jagung di Jawa Barat. BPTP Jawa Barat merupakan sumber inovasi teknologi bagi petani, sehingga harus menghasilkan teknologi yang dapat mendorong pencapaian tujuan dan sasaran peningkatan produktivitas jagung nasional. Oleh karena itu, dilaksanakannya kaji terap pemanfaatan Biochar untuk meningkatkan efisiensi pemupukan NPK dan produktivitas jagung di lahan kering di lokasi sentra produksi jagung ditujukan untuk menghasilkan dan mengembangkan teknologi budidaya jagung spesifik lokasi. Sebagai acuan dalam pelaksanaan Kaji terap maka disusun Petunjuk Teknis (Juknis). Penyusunan berpedoman pada pedoman umum PTT jagung dari Puslitbang Tanaman Pangan.

Copyright Ā© 2025 Kementerian Pertanian

Balai Besar Perpustakaan dan Literasi Pertanian

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback