Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of Repositori
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "NASUTION, Ahmad Rizal"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Operasional (SIMPEL) berbasis mobile untuk peningkatan kinerja di Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung dan Wilayah Kerja : Laporan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi
    (PPMKP, 2022) NASUTION, Ahmad Rizal; PPMKP
    Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung turut serta dalam pemanfaatan TIK sebagai bentuk untuk meningkatkan kinerja yang cepat, akurat, efektif dan efisien. Dengan dikembangkannya Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Operasional (SIMPEL), diharapkan masalah terkait tidak meratanya penugasan yang proporsional kepada bagian fungsional dapat teratasi dengan baik. Selain itu guna mendorong inovasi terhadap pelayanan di SKP Kelas I Bandung. Metode untuk menentukan prioritas permasalahan yang diangkat sebagai Aksi Perubahan Kinerja Organisasi dengan menggunakan metode Gap Analysis (Analisa Kesenjangan), APKL (Aktual, Problematik, Kekhalayakan, dan Layak), USG (Urgency, Seriousness, dan Growth), dan Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats). Berdasarkan dari hasil kegiatan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi dengan menggunakan beberapa metode tersebut menghasilkan solusi yaitu dengan dikembangkannya aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Operasional atau SIMPEL. Dalam pengembangan aplikasi SIMPEL ini sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas pelayanan karantina dan kepatuhan masyarakat. Kesimpulan dari Aksi Perubahan Kinerja Organisasi yang telah dilakukan selama 2 bulan, bahwa aplikasi ini dapat menjawab permasalahan yang ada sebagai upaya untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja dari Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh instansi.

Copyright © 2025 Kementerian Pertanian

Balai Besar Perpustakaan dan Literasi Pertanian

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback