Browsing by Author "Hermawan, Retno"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
- ItemAgricultural Extension Perceptions of Widyaiswara Sapa Kostratani (WISATANI) E-Learning Program(Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, ) Hermawan, Retno; Windhy, Adhis Millia
- ItemKlasifikasi dan Rekomendasi Aspek Kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) di Provinsi Kalimantan Selatan(Balai Pelatihan Pertanian Jambi, ) Hermawan, Retno
- ItemKlasifikasi danRekomendasi Aspek Kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) di ProvinsiKalimantan Selatan(AgriHumanis: Journal of Agriculture and Human Resource Development Studies, 2020-10-26) Hermawan, Retno; Balai Pelatihan Pertanian JambiUpaya peningkatan kelas kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaaan Swadaya (P4S) di Kalimantan Selatan terus dilakukan melalui 5 Aspek yakni Sarana Prasarana, Kelembagaan, Penyelenggaraan Pelatihan/Permagangan, Ketenagaan, dan Pengembangan Usaha dan Jejaring Kerja. Tujuan tulisan ini ialah menganalisis kelas klasifikasi kelembagaan P4S di Kalimantan Selatan. Metode pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 P4S. Waktu penelitian dilakukan bulan 1 s.d 29 Februari 2020. Metode analisis data menggunakan analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 Kelas Pemula, 13 Kelas Madya dan 2 kelas Utama. Rekomendasi peningkatan aspek kelembagaan P4S di Kalimantan Selatan pada 5 aspek yang dinilai kurang baik dalam kelembagaan P4S Kelas Pratama yakni a) aspek sarana dan prasarana (luas usahatani, ruang belajar, sarana belajar, sarana kesekretariatan, ruang perpustakaan, asrama, sarana MCK), b) aspek kelembagaan (struktur organisasi, uraian tugas pengurus dan AD/ART), c) aspek penyelenggaraan pelatihan/permagangan (materi, frekuensi & intensitas, dan pembinaan), d) aspek ketenagaan (kompetensi fasilitator dan pengakuan pihak luar), dan e) aspek pengembangan usaha dan jejaring kerja (pengembangan usaha, jejaring usaha, dan jejaring kerja pelatihan/permagangan). Kelas Madya perlu peningkatan pada a) Aspek Sarana Prasarana (sarana belajar, ruang sekretariat, sarana kesekretariatan, ruang perpustakaan, asrama, dan sarana MCK) b) Aspek kelembagaan (AD/ART), c) Penyelenggaraan pelatihan/ permagangan (materi dan frekuensi dan intensitas), dan d) Ketenagaan P4S (pengakuan pihak luar). Sedangkan Kelas Utama perlu peningkatan pada a) aspek sarana dan prasarana (asrama dan sarana MCK).