KETERSEDIAAN JAGUNG BERDASARKAN PERAMALAN PRODUKSI DAN PRODUKTIVITASNYA DI TENGAH PERSAINGAN PENGGUNAAN LAHAN DI INDONESIA

Loading...
Thumbnail Image
Date
2017-10
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian
Abstract
Jagung adalah tanaman pangan yang memiliki nilai strategis serta bersifat multifungsi, baik sebagai bahan pangan maupun pakan. Permintaan jagung terutama untuk bidang industri terus meningkat setiap tahun. Data BPS menunjukan produksi dan produktivitas jagung relatif meningkat, sementara luas panennya relatif fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model untuk memprediksi produksi jagung dalam kaitannya dengan produktivitasnya di tengah persaingan penggunaan lahan sebagai faktor pembatasnya. Dalam penelitian ini digunakan teknik peramalan dengan menggunakan data time series untuk membentuk suatu model. Model terbaik yang terpilih akan digunakan untuk menduga produksi jagung. Pemilihan model terbaik menggunakan kriteria Mean Absolute Percent Error (MAPE), Root Mean Square Error (RMSE) dan Akaike Information Criteria (AIC). Model terpilih untuk peramalan yaitu ARIMA (1,1,0) dengan drift. Rata-rata batas maksimal produktivitas jagung hibrida berdasarkan kajian sejauh ini 12,62 t/ha. Alih fungsi lahan dan ketersedian air menjadi penghambat peningkatan produksi jagung nasional.
Description
Jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional (Dirjen Tanaman Pangan, 2016). Dalam perekonomian nasional, sumbangan jagung terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) terus meningkat setiap tahun, sekalipun saat krisis ekonomi (Zubachtirodin, 2007). Mengingat fungsinya yang multiguna, saat ini jagung tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan tetapi juga digunakan sebagai bahan pakan dan industri bahkan di luar negeri sudah mulai digunakan sebagai bahan bakar alternatif (Dirjen Tanaman Pangan, 2016). Tiga puluh tahun yang lalu, penggunaan jagung umumnya masih didominasi untuk pangan. Dengan berkembangnya industri unggas pada awal tahun 1970an, maka jagung mulai dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk pakan unggas modern (Tangendjaja, 2007). Sebelum tahun 1990, 86% penggunaan jagung di Indonesia untuk konsumsi langsung, hanya sekitar 6% untuk industri pakan. Penggunaan jagung untuk industri pangan juga masih rendah, baru sekitar 7,5% (Zubachtirodin, 2007).
Keywords
Peramalan, produksi jagung, produktivitas, penggunaan lahan
Citation