Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 29
  • Item
    Produk Olahan Aneka Umbi: Ubi Kayu, Ubi Jalar, Garut, Ganyong, Suweg, Kimpul, Talas
    (Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, 2015) Ginting, Erliana; Utomo, Joko Susilo; Yulifianti, Rahmi
    Sebagai negara agraris, di Indonesia sesungguhnya banyak tersedia aneka sumber pangan. Akan tetapi bahan baku lokal yang melimpah itu belum mampu berperan penting dalam ekonomi pangan nasional. Sentuhan inovasi diperlukan untuk mengembangkan sumber pangan lokal tersebut menjadi produk olahan yang selain menarik juga menggugah selera dan menawarkan asupan gizi yang cukup. Balitkabi mengembangkan teknik-teknik pengolahan aneka umbi menjadi beragam produk olahan didasari oleh keinginan untuk mendorong pemanfaatan aneka umbi yang pada gilirannya akan memacu terjadinya diversifikasi pangan. Buku ini merupakan kumpulan resep yang telah dikaji, dan sebagian sudah dilatihkan kepada para ibu dan usaha kecil dan menengah (UKM) di banyak daerah di Indonesia. Bahan baku untuk produk olahan dalam buku ini juga tersedia secara lokal. Peralatan yang digunakan pun tidak lebih dari yang sudah biasa ada di dapur keluarga, tidak memerlukan peralatan khusus.
  • Item
    Penanganan Pasca Panen dan Teknologi Pengolahan Hasil Jagung
    (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo, 2011) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo
    Provinsi Gorontalo pada kurun waktu 5 tahun terakhir ini tengah gencar-gencarnya mengembangkan jagung mulai aspek budidaya sampai pada pegembangan produk-produk olahan. Sebagai icon Provinsi Gorontalo, maka peningkatan nilai tambah jagung melalui produk-produk olahan yang bernilai ekonomi tinggi sangat diperlukan dewasa ini. Untuk itu, BPTP Gorontalo sebagai pemegang mandat Litbang Pertanian dan diseminasi inovasi teknologi di daerah meluncurkan buku mengenai “Teknologi Pengolahan Hasil Tanaman Jagung”. Melalui buku ini diharapkan para petani, pengolah, penyuluh dan penggiat agribisnis lainnya dapat memperoleh rujukan teknologi serta informasi yang komprehensif mengenai berbagai teknologi pengolahan jagung, beserta analisa usahanya.
  • Item
    Teknologi Pengolahan Hasil Ubikayu dan Jagung
    (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung, 2012) Arief, Ratna Wylis; Asnawi, Robet
    Buku teknologi ini merupakan bagian dari kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Provinsi Lampung, yang berisi tentang teknologi pengolahan dan pemanfaatan ubikayu dan jagung yang dapat diterapkan pada skala pedesaan di lokasi M-KRPL.
  • Item
    Resep Produk Olahan Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian
    (Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, 2008) Disunting oleh: Erliana Ginting; Sri Satya Antarlina; Indra Sudaryono; Achmad Winarto; Sugiono
    Resep produk olahan kacang-kacangan dan umbi-umbian untuk ubi jalar, ubi kayu, kacang tanah, dan kedelai
  • Item
    Potensi Pangan Lokal Indonesia
    (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, 2019) Herawati, Heny; Munarso, S. Joni; Savitri, Evi; Mulyono, Edy; Purwani, Endang Yuli; Budianto, Agus; Kurniawan, Fajar; Kamsiati, Elmi; Mulyawanti, Ira; Sukasih, Ermi; Setyadjit; Amiarsi, Dwi; Tjahjohutomo, Rudy; Luna, Prima; Darniadi, Sandy
    Buku ini memuat rangkaian potensi ketersediaan, kondisi optimal tanaman, komposisi potensial dari aspek nilai gizi, pemanfaatan secara tradisional, alternatif teknologi pengolahan produk makanan dan produk sampingnya, pohon industri yang telah diteliti serta paten yang telah dihasilkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian.