Peningkatan pelayanan Biro resmin LEMDIKLAT POLRI dalam rangka menunjang tugas pokok POLRI

No Thumbnail Available
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PPMKP
Abstract
EXECUTIVE SUMMARY Dalam rangka mendukung tugas pelayanan Polri dalam hal ini Biro Renmin Lemdiklat Polri melakukan upaya peningkatan pelayanan dengan memanfaatkan Sistem Aplikasi Informasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Perencanaan dan Administrasi (Renmin), dan Sarana dan Prasarana (logistik), aplikasi ini yang akan terhubung dengan SIPL Lemdiklat Polri sebagai pusat data dan informasi Lemdiklat Polri sehingga mudah untuk mendapatkan kembali informasi apabila di perlukan. Namun demikain dengan sistem aplikasi informasi yang telah tersedia pelayanan Lemdiklat Polri belum optimal sehingga perlu dilakukan penyempurnaan, dan pelaksanaan penyempurnaan aplikasi informasi Biro Renmin diharapkan dapat mengotimalkan pelayanan Lemdiklat Polri, sesuai Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2017 tentang Susunan Organisasi dan Tata Cara Kerja Satuan Organisasi pada tingkat Markas Besar Kepolsian Negara Republik Indonesia. Kata kunci dalam proyek perubahan ini adalah peningkatan pelayanan Biro Renmin Lemdiklat Polri dengan melakukan Penyempurnaan aplikasi Informasi Pada Biro Renmin, penyempurnaan dalam proyek perubahan ini adalah aplikasi yang lebih cepat, efisien, dan akurat dalam berbagai bidang. Baik dalam sistem pencatatan, pelaporan, dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya guna mampu bersaing di era globalisasi. Mengoptimalkan Pelayanan Lemdiklat Polri mempunyai arti pelayanan informasi Biro Renmin menjadi optimal. Pelaksanaan proyek perubahan ini menjadi tiga tahap yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, namun demikan dalam laporan implementasi proyek perubahan ini adalah kegiatan yang dilakukan dan capaian hasil yang didapat pada jangka pendek dari bulan September sampai dengan bulan Desember 2020 dilaksanakan kegiatan antara lain pembentukan tim efektif, pembuatan aplikasi pada Biro Renmin Lemdiklat Polri, penyusunan panduan, pelatihan staf Biro Renmin, dan pengintegrasian data di lingkungan Biro Renmin serta penyusunan aturan tentang kegiatan Biro Renmin Lemdiklat Polri. Dari kegiatan implementasi tersebut dapat diberikan kesimpulan bahwa, Secara keseluruhan, tahapan kegiatan dan output dalam jangka pendek dapat tercapai melampaui target, yaitu adanya kegiatan Sosialisasi Produk Proyek Perubahan dan Bimbingan Teknis Pengoperasionalan aplikasi informasi yang menjadi target dalam jangka pendek dapat dilaksanakan, Kendala koordinasi dalam pelaksanaan proyek perubahan dapat diatasi melalui penggunaan teknologi Zoom, email dan Whattsap, Pemberdayaan organisasi pembelajar dapat berjalan dengan baik, melalui pengawasan dan bimbingan dari Project Leader, dan Strategi pemasaran 4P1C dapat dilakukan dengan baik, berdasarkan ketepatan identifikasi stakeholder dan strategi komunikasi yang tepat. Sejalan dengan kesimpulan tersebut, dapat direkomendasikan bahwa Pelayanan Biro Rorenmin melalui Aplikasi informasi perlu segera diterapkan di lingkungan Lemdiklat Polri dalam upaya wewujudkan peningkatan pelayanan, Jenisjenis layanan agar dikembangkan lebih banyak sehingga terwujud one stop shoping pelayanan Biro Rorenmin, Perlu diterbitkan kebijakan dalam bentuk Surat Perintah atau Surat Edaran dari Kalemdiklat Polri untuk memulai penerapan layanan melalui aplikasi informasi. Pembelajaran/lesson learned yang diperoleh project leader selama menjalankan Diklat PKN II adalah bahwa sebagai pemimpin agar mampu beradaptasi dengan setiap perubahan secara cepat, dan seorang pemimpin juga agar dapat berpikir out of the box dan sebagai agen perubahan akan mampu merealisasikan ide gagasan dalam perbaikan organisasi, untuk itu diperlukan kemampuan strategi komunikasi dan pendekatan persuasive yang baik agar mendapat dukungan dari anggota organisasi yang dipimpinnya, serta diperlukan kemampuan untuk mengelola tim efektif sehingga tercipta sebuah komitmen, dan mencapai agreat teamwork to a great suc
Description
Keywords
Pelayanan Publik, Sistem aplikasi Biro Renmin (E-RERONMIN), Pelayanan Informasi, Biro Renmin LEMDIKLAT POLRI, Laporan Proyek Perubahan, PKN=Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Aplikasi E-RORENMIN, PKN TK.II/17/2020
Citation