KERAGAAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculantus L Moench) DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI PUPUK AMAZING BIO GROWT

Loading...
Thumbnail Image
Date
2017-10
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian
Abstract
Penelitian keragaan pertumbuhan dan produksi tanaman okra (Abelmoschus esculantus L Moench) dengan berbagai konsentrasi pupuk amazing bio growt, telah dilakukan di Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Kulim, Provinsi Riau. Pada Bulan April sampai dengan Bulan Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan pertumbuhan dan produksi tanaman okra dengan berbagai konsentrasi pupuk Amazing Bio Growth. Percobaan disusun dalam rancangan acak lengkap dengan empat taraf perlakuan, antara lain : tanpa pemberian pupuk ABG, pemberian pupuk ABG 1,0 cc/ liter, pemberian pupuk ABG 2,0 cc/ liter dan pemberian pupuk ABG 3,0 cc/ liter. Pengamatan meliputi Umur Berbunga (UB), Jumlah Buah per tanaman (JB), Berat Buah per tanaman (BB), Indeks Panen (IP), Kerapatan Berat Akar (KBA) dan Nisbah Tajuk Akar (NTA). Dari hasil penelitian didapatkan hasil : Umur Berbunga terjadi pada rata-rata hari ke-47,83. Jumlah Buah adalah 3.83 buah/tanaman. Berat Buah Basah adalah 26.57 gr/batang, Indeks Panen adalah 0.0697, Kerapatan Berat Akar adalah 19.81 gr/cm 3 dan Nisbah Tajuk Akar adalah 2.42. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik dijumpai pada perlakuan pemberian pupuk ABG 3 cc/l.
Description
Okra, disebut okura di Jepang atau bendi di Malaysia atau je thew di Cina, di Riau terkenal dengan kacang lendir. Sedangkan di Kalimantan Barat dikenal dengan nama kacang mia, kacang mekah, kacang arab adalah jenis sayuran yang mulai populer dalam lingkungan keluarga, pasar swalayan, rumah makan, restoran dan hotel bahkan dapat menjadi komoditas ekspor non migas yang potensial. Dengan demikian okra dapat menjadi bisnis usaha tani yang mendatangkan keuntungan besar bagi petani sayur. Buah tersebut banyak mengandung lendir sehingga baik dijadikan sup. Buah okra muda mengandung kadar air 85,70 % ; protein 8,30 % ; lemak 2,05 % ; karbohidrat 1,4 % dan 38,9 % kalori per 100 g (Nadira dkk., 2009).
Keywords
keragaan pertumbuhan, produksi tanaman okra dan konsentrasi pupuk, Amazing Bio Growt.
Citation