Kesehatan Hewan

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 142
  • Item
    Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Jembrana
    (Direktorat Kesehatan Hewan, 2023-07) Direktorat Kesehatan Hewan
  • Item
    Sejarah Penyakit Jembrana
    (Direktorat Kesehatan Hewan, 2023-07) Direktorat Kesehatan Hewan
  • Item
    Wabah Penyakit Hewan Yang Semakin Mengancam
    (Direktorat Kesehatan Hewan, 2023-07) Arifin, M. Chairul
    Di Indonesia wabah penyakit hewan baik yang baru dikenal (emerging disease) maupun penyakit yang muncul kembali (reemerging disease) adalah Rabies pada anjing, kucing dan kera yang belum tuntas dibebaskan dari sejak jaman 1970 an sampai saat ini, Erysipelas pada babi penyakit baru yang menyebabkan malapetaka , African Swine Fever atau Demam Babi Afrika juga pada babi yang menyebabkan terhentinya ekspor babi, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi dan kerbau, Lumpy Skin Disease pada sapi, Flu burung pada unggas, Peste des Petits Ruminant pada kambing dan domba yang sedang hangat hanyatnya terjadi saat ini. Selain itu penyakit lama yang menjadi endemis Brucellosis atau Keluron menular, pada sapi dan kerbau, Anthrax dan Septichaemia Epizooticae (SE) atau penyakit ngorok pada ternak ruminansia, Jembrana Disesase pada Sapi Bali tetap menjadi ancaman serius yang dapat timbul meletup sewaktu waktu di berbagai tempat di Indonesia.
  • Item
    Kongres One Health Dunia ke-7 (World One Health Congress) “Pentingnya Integrasi Ilmu Pengetahuan, Kebijakan, dan Praktik Klinis dalam Gerakan One Health Global” Singapura, 7-11 November 2022"
    (Direktorat Kesehatan Hewan, 2023-07) Simanjuntak, Purnama Martha Oktavia
    Masa pasca COVID-19, terdapat kesadaran yang semakin besar akan pentingnya memperkuat kerja sama antara ilmu pengetahuan, kebijakan, dan praktik klinis untuk mengatasi tantangan kesehatan global. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan diasakannya Kongres One Health Dunia ke-7 (World One Health Congress/WOHC) pada tanggal 7-11 November 2023. Acara ini bertujuan untuk memajukan gerakan One Health global dan menyoroti pentingnya kolaborasi multisektoral dalam mengatasi kompleksitas masalah kesehatan global.
  • Item
    Transformasi Kepemimpinan Veteriner di Indonesia Melalui Program IVL bagi Pejabat Otoritas Veteriner se-Sulawesi Selatan
    (Direktorat Kesehatan Hewan, 2023-07) Yuyun, Imas; Simanjuntak, Purnama Martha Oktavia
    Indonesia Veterinary Leadership (IVL) telah menjadi tonggak penting dalam mengembangkan kepemimpinan veteriner di Indonesia. Program pelatihan yang diluncurkan dengan dukungan program kemitraan Australia-Indonesia sebelumnya, Australia Indonesia Partnership for Emerging Infectious Disease (AIPEID), bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kepemimpinan pejabat otoritas veteriner dan dokter hewan berwenang. Melalui IVL, peserta diberdayakan untuk mengembangkan kepercayaan diri, kompetensi, dan keterampilan kepemimpinan yang terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan paradigma dalam pelayanan veteriner di Indonesia. Program pelatihan ini telah memberikan dampak positif yang signifikan pada peserta, termasuk peningkatan karir di Kementerian Pertanian dan institusi terkait.