Preferensi Konsumen terhadap Anggrek Phalaenopsis, Vanda, dan Dendrobium

No Thumbnail Available
Date
2011-12-02
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Indonesian Center for Horticulture Research and Development
Abstract
Description
Penelitian preferensi konsumen dapat membantu pemulia dalam menentukan arah dan tujuan penelitian pemuliaan terkait dengan pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap varietas unggul baru yang akan dihasilkan. Tujuan penelitian ialah untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap anggrek Phalaenopsis, Vanda, dan Dendrobium. Survei dilakukan terhadap 21 responden Phalaenopsis dan 32 responden Vanda, serta uji preferensi konsumen (100 panelis) anggrek Phalaenopsis, Vanda, dan Dendrobium dalam peragaan di arena Pameran Hortikultura Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Juli-November 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap atribut kualitas anggrek Phalaenopsis, Vanda, dan Dendrobium  ialah bunga berbentuk bulat, warna putih untuk Phalaenopsis dan Vanda, serta warna hijau untuk Dendrobium, diameter bunga berukuran sedang, motif bunga tidak berpola (polos), jumlah kuntum bunga sedang (10-15 kuntum), serta jumlah kuntum bunga yang mekar 70-80%. Selain itu ketahanan simpan bunga lebih dari 10 hari. Implikasi dari penelitian ini ialah bahwa untuk merakit varietas-varietas baru yang diinginkan konsumen, perlu memperhatikan atribut-atribut preferensi yang diinginkan konsumen, seperti bentuk, warna, diameter, motif, jumlah kuntum per tangkai, serta ketahanan simpan bunga yang lebih lama.Consumer’s preference research can help the breeders in giving direct and goal their breeding activity in conjunction to fullfil consumer’s needs of new superior plant varieties. The objectives of this study were to identify consumer’s preference on Phalaenopsis, Vanda, and Dendrobium orchid. This study was conducted using survey method through collecting data of 21 respondents of Phalaenopsis, 32 respondents of Vanda, and flower display method through interviewing 100 panelists of Dendrobium, Phalaenopsis, and Vanda during Horticulture Exhibition at Beautiful Indonesian Miniature Park (TMII)  Jakarta on July till November 2006. The results showed that consumer’s preferences of Phalaenopsis, Vanda, and Dendrobium were the plant having rounded flower, white color for Phalaenopsis and Vanda, green color for Dendrobium,  medium diameter, plain color,  medium number of flower bud of 10-15 flower buds per stem, 70-80% bloomed-flower, and vaselife more than 10 days. Implication of this research was better that in producing new superior varieties the breeders shall take into consideration the  consumer’s needs in keeping with the preference attributes such as shape, color, diameter, patern, number, and vaselife of flower buds.
Keywords
Citation