STRATEGI VARIETAS, BUDIDAYA, DAN PEMASARAN DURIAN DI TIGA NEGARA ASEAN: THAILAND, MALAYSIA, SINGAPURA

Loading...
Thumbnail Image
Date
2016-05-31
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
BB Pengkajian Teknologi Pertanian
Abstract
Durian merupakan komoditas khas dari Asia Tenggara. Selama tiga dekade Thailand telah mendominasi pasar ekspor dengan varietas Monthong sebagai andalan. Di era 2010an Malaysia pun muncul dengan Musang King yang mengisi pasar premium. Uniknya, Singapura yang merupakan Negara paling kecil justru tercatat sebagai pengimpor durian paling besar di rantau ini. Suatu survey yang bertujuan untuk memotret kondisi agribisnis durian di tiga Negara Thailand, Malaysia dan Singapura ditinjau dari strategi pemilihan varietas, cara budidaya dan pemasaran telah dilaksanakan pada tahun 2015 dan 2016. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Thailand membudidayakan durian dengan model ‘industri’ yang mengembangkan satu varietas dalam kawasan luas yang dilengkapi fasilitas untuk proses produksi dari hulu sampai hilir menunjang pemasaran segar dan olahan. Sebaliknya pekebun durian di Malaysia umumnya mengusahakan durian dengan model ‘boutique’, dimana satu kebun durian terdiri atas belasan varietas dengan pertimbangan variasi selera konsumen, rentang panen, dan aspek keunikan. Berbeda dari kedua Negara sebelumnya, Singapura merupakan pasar utama durian Malaysia, dimana kreatifitas pedagang sangat berperanan dalam menggapai harga yang premium.
Description
Keywords
Durian, Varietas, Buridaya, Pemasaran
Citation