ANALISIS EKONOMI SISTEM SURJAN DENGAN POLA TANAM PADI DAN JERUK DI LAHAN PASANG SURUT (Kasus Desa Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kalsel)

Abstract
Analisis ekonomi sistem surjan dengan pola tanam padi dan jeruk di lahan pasang surut (Kasus Desa Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kalsel). Penelitian bertujuan untuk : (1) menilai apakah investasi dalam usahatani sistem surjan secara ekonomis dapat dipertanggungjawabkan, (2) mengidentifikasi peluang pengembangan usahatani sistem surjan, baik dilihat dari segi teknis, sosial, ketersediaan sumber daya maupun pemasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat bunga 10%, 12%, 18% dan 24% investasi dalam usahatani sistem surjan secara "ekonomi" dan "finansial" dapat dibenarkan. Investasi ini memiliki benefit-cost ratio lebih besar dari satu. Nilai Kini Arus Penerimaan Bersih positif, Periode Pengembalian Investasi (payback period e) lebih kecil dari pada masa pengusahaan, dan tingkat pengembalian modal atau internal Rate of Return (IRR) lebih besar dari pada tingkat bunga. Ditinjau dari aspek teknis, sosial dan ketersediaan sumberdaya, usahatani sistem surjan memungkinkan untuk dikembangkan dengan upaya memecahkan permasalahan yang dihadapi.
Description
Keywords
ANALISIS EKONOMI SISTEM SURJAN DENGAN POLA TANAM PADI DAN JERUK DI LAHAN PASANG SURUT (Kasus Desa Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Kalsel)
Citation
Collections