Pengaruh Desain Pesan Video Instruksional terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani tentang Pupuk Agrodyke

Show simple item record

dc.contributor id-ID
dc.creator Hubeis, Aida Vitalaya S.; Departemen Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat, FEMA IPB Jl. Raya Pajajaran, Bogor
dc.date 2016-09-22
dc.date.accessioned 2018-05-02T01:23:25Z
dc.date.available 2018-05-02T01:23:25Z
dc.date.issued 2016-09-22
dc.identifier http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jae/article/view/4713
dc.identifier 10.21082/jae.v25n1.2007.1-10
dc.identifier.uri http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/268
dc.description EnglishThis research was conducted in Kendari City; Southeast Sulawesi on 60 cacao farmers selected using simple random method. The objective is to find the effect of video used and packaging messages to farmer’s knowledge on agrodyke fertilizer application. Experimental design used is one pre-test group and one post-test group. Pre-test and post-test were examined using Paired Sample t-Test;  The effect of video packaging was analyzed by multiple regression technique. Results show that using video as learning media is an effective way would by the higher post-test scores than pre-test scores.  Visual, audio, material, and show time factors in video were significantly give positive contribution to farmer’s knowledge, which significantly increase the knowledge of farmers on agrodyke application.IndonesianPenelitian ini dilakukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara terhadap 60 orang petani kakao yang dipilih secara acak sederhana. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video dan unsur-unsur kemasan pesan dalam video terhadap peningkatan pengetahuan petani tentang penggunaan pupuk agrodyke. Desain penelitian adalah one group pre-test and design. Hasil skor pre-test dan post-test diuji dengan Paired Sample t-Test;  Pengaruh unsur kemasan video dianalisis dengan uji statistik regresi berganda. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan media video sebagai media pembelajaran peningkatkan pengetahuan petani tentang penggunaan pupuk agrodyke adalah efektif yang ditunjukkan dengan skor post-test yang lebih tinggi dari skor pre-test. Unsur visual, audio, materi, dan penggunaan waktu dalam penayangan penggunaan pupuk agrodyke melalui video sangat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pengetahuan petani yang ditunjukkan oleh skor post-test yang lebih tinggi dari skor pre-test. Unsur visual, audio, materi, dan penggunaan waktu dalam penayangan penggunaan pupuk agrodyke melalui video sangat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pengetahuan petani. id-ID
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian en-US
dc.relation http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jae/article/view/4713/3981
dc.rights Copyright (c) 2016 Jurnal Agro Ekonomi en-US
dc.rights http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 en-US
dc.source 2541-1527
dc.source 0216-9053
dc.source Jurnal Agro Ekonomi; Vol 25, No 1 (2007): Jurnal Agro Ekonomi; 1-10 en-US
dc.source Jurnal Agro Ekonomi; Vol 25, No 1 (2007): Jurnal Agro Ekonomi; 1-10 id-ID
dc.title Pengaruh Desain Pesan Video Instruksional terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani tentang Pupuk Agrodyke id-ID
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article en-US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repositori


Browse

My Account