Petunjuk Teknis Pengelolaaan Tanam Terpadu (PTT) Padi Sawah Irigasi

Loading...
Thumbnail Image
Date
2012-08
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
BPTP Kalteng
Abstract
Penyediaan beras dalam jumlah yang cukup dan harga terjangkau menjadi prioritas utama pembangunan nasional. Beras selain menjadi bahan makanan pokok untuk masyarakat Indonesia, padi juga berperan dalam penyediaan tenaga kerja bagi petani di perdesaan. Tantangan dalam penyediaan beras nasional khususnya di Kalimantan Tengah adalah adanya kecenderungan menurunnya produktivitas lahan, alih fungsi lahan sawah irigasi ke non pertanian, rendahnya minat tarunatani dan gangguan produksi akibat dampak perubahan iklim.
Description
Salah satu cara dalam upaya peningkatan produktivitas padi sawah adalah penerapan inovasi teknologi yang sesuai dengan sumberdaya lahan irigasi di suatu daerah (spesifik lokasi) yang dirakit dengan menggunakan pendekatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT). Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) bukan paket teknologi tetapi merupakan suatu pendekatan dalam pemecahan masalah produksi padi di daerah setempat dengan menerapkan teknologi anjuran dan dipilih komponen teknologi secara bersama-sama dengan petani melalui analisis kebutuhan teknologi.
Keywords
Research Subject Categories::F Plant production/Produksi Tanaman::F06 Irrigation/Irigasi, Research Subject Categories::A Agriculture/Pertanian, Research Subject Categories::E Economics, development, and rural sociology/Ekonomi, Pembangunan dan Sosiologi Pedesaan::E16 Production economics/Ekonomi Produksi
Citation
Collections