Durian Kasongan Sumber Daya Genetik Durian Lokal Asal Kab. Katingan, Kalimantan Tengah

Loading...
Thumbnail Image
Date
2018-09-12
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
BPTP Kalteng
Abstract
Durian (Durio zibethinus Murr.) merupakan salah satu buah tropis asli Kalimantan Tengah yang memiliki banyak jenis durian yang tersebar hampir di semua kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Katingan. Penghasil utama durian di Kab. Katingan umumnya berasal dari hulu sungai Katingan, seperti Kec. Katingan Hulu, Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, dll.
Description
Saat ini lebih dari 10 kultivar durian Kasongan telah diberi nama secara lokal, seperti durian Krakup, Ranjung, Belimbing, Lunek, Lagas, Susu, Ubuyu, dll,. Durian Kasongan terkenal karena rasanya manis, warna daging buah yang beragam dan menarik, masak secara alami dan harga terjangkau yaitu durian Ubuyu, Lagas dan Susu. Karakter buah durian Ubuyu, Lagas dan Susu meliputi: bentuk, ukuran, bobot, warna kulit, duri, panjang tangkai buah, bentuk ujung buah, bentuk pangkal buah, duri pada pangkal buah, jumlah juring, warna daging, tebal daging, rasa daging dan serat buah.
Keywords
Research Subject Categories::F Plant production/Produksi Tanaman::F62 Plant physiology - Growth and development/Fisiologi tanaman – pertumbuhan dan perkembangan
Citation
Collections