Buletin Ketahanan Pangan

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 10
  • Item
    Buletin Pasokan dan Harga Pangan
    (Badan Ketahanan Pangan, 2018-11) Bidang Harga Pangan, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan; Badan Ketahanan Pangan
    Memasuki periode menjelang penghujung tahun, kita semua kembali diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya fluktuasi harga dan pasokan pangan yang berpotensi terjadi menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru. Selain peningkatan kebutuhan pada masa HBKN tersebut, kenaikan harga pangan pada akhir tahun juga dipengaruhi oleh musim liburan akhir tahun dan panen yang mulai berkurang untuk beberapa komoditas pangan seperti beras, cabai dan bawang merah. Untuk mengantisipasi hal ini, pemerintah telah melakukan berbagai langkah sinergis antar lembaga untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dalam bentuk koordinasi dan aksi operasional sehingga stabilitas harga pangan dapat selalu terjaga. Terkait dengan hal tersebut, Buletin edisi ini mengusung tema utama “Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Akhir Tahun Tetap Aman dan Stabil ” untuk memberikan informasi dan gambaran tentang kondisi terkini tentang harga dan pasokan pangan, khususnya menjelang masa HBKN Natal dan Tahun Baru. Beberapa artikel juga disajikan untuk mendukung tema tersebut, antara lain: Sinergitas Pasokan dan Harga Beras Menjelang HBKN Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Rencana Strategis BKP Menjelang HBKN Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Dinamika Harga Pangan Menjelang HBKN Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Evaluasi Panel Harga Pangan, Perkembangan Harga Pangan di tingkat Produsen, Konsumen, Jabodetabek, dan di 34 Ibukota Provinsi, Perkembangan Harga dan Pasokan Beras di PIBC serta Perkembangan Harga dan Pasokan Cabai dan Bawang di PIKJ.
  • Item
    Buletin Pasokan dan Harga Pangan
    (Badan Ketahanan Pangan, 2018-09) Bidang Harga Pangan, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan; Badan Ketahanan Pangan
    Musim kemarau seringkali mendatangkan kekhwatiran akan terjadinya kelangkaan pasokan bahan pangan strategis, terutama beras. Pemerintah telah mengantisipasi kondisi ini melalui beberapa langkah strategis yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan pangan tetap aman hingga akhir tahun. Meskipun produksi beras pada musim gadu (Agustus - Oktober) cenderung lebih rendah dibandingkan musim panen rendeng, namun neraca beras nasional tetap dalam kondisi surplus per bulannya. Untuk memberikan gambaran situasi perkembangan pasokan dan harga pangan yang terjadi selama Bulan September, tim redaksi mengambil topik utama “Harga dan Pasokan Beras Stabil dan Aman” dalam Buletin Pasokan dan Harga Pangan edisi Bulan September ini. Materi yang disajikan meliputi: Ketersediaan Pasokan dan Stok Beras Aman, Masuk Musim Kemarau Harga Beras Pada Bulan September Stabil, Beras Murah Selalu Tersedia di Jabodetabek, Memasuki Musim Kemarau, Pasokan Beras Aman, Harga Beras Normal dan Stok Melimpah, Hasil Kajian Peningkatan Kebutuhan Pangan Pada HBKN 2018, Kondisi Harga Pangan di Tingkat Produsen, Konsumen, Jabodetabek dan Pasar Ibukota Provinsi, harga dan pasokan di PIBC dan PIKJ.
  • Item
    Buletin Pasokan dan Harga Pangan
    (Badan Ketahanan Pangan, 2018-07) Bidang Harga Pangan, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan; Badan Ketahanan Pangan
    Pasca Idulfitri Tahun 2018, fenomena peningkatan harga telur dan daging ayam sedikit banyak telah menghiasi beberapa media. Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan kemudian langsung bergerak cepat melakukan berbagai antisipasi dengan melibatkan berbagai para pemangku kepentingan lintas kementerian/lembaga dan pihak terkait dalam mengendalikan pasokan dan harga telur dan daging ayam mulai dari tingkat Pusat dan daerah. Oleh karena itu, dalam edisi ini tim redaksi mengambil topik utama “Strategi BKP Kendalikan Harga Telur dan Ayam” dengan materi yang disajikan diantaranya: Strategi BKP Amankan Harga Telur dan Ayam, Stabilisasi Harga Pangan Jelang Idul Adha 2018, Perilaku Harga Pangan Hewani Pasca Lebaran, Perkembangan Harga Pangan di Tingkat Produsen, Konsumen, 34 ibukota Provinsi, Jabodetabek, Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), dan Pasar Induk.
  • Item
    Buletin Pasokan dan Harga Pangan
    (Badan Ketahanan Pangan, 2018-06) Bidang Harga Pangan, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan; Badan Ketahanan Pangan
    Kinerja pengendalian pasokan dan harga pangan selama Idulfitri tahun 2018 cukup diapresiasi oleh beberapa pihak diantaranya dari DPR RI yang memberikan acungan jempol kepada Pemerintah yang telah mampu menjaga harga pangan terkendali. Kinerja tersebut tidak lepas dari peran serta dan kontribusi aktif dari berbagai para pemangku kepentingan yang melibatkan kementerian/lembaga dan pihak terkait dalam mengendalikan pasokan dan harga pangan mulai dari tingkat Pusat dan daerah. Oleh karena itu, dalam edisi ini tim redaksi mengambil topik utama “Harga Pangan Idulfitri Tahun 2018 Terkendali” dengan materi yang disajikan diantaranya: Puasa dan Idulfitri 2018 terpantau stabil, Percepaan Serap Gabah untuk Perkuat Cadangan Beras Pemerintah, perkembangan harga pangan di tingkat produsen, konsumen, 34 ibukota provinsi, Jabodetabek, Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), dan Pasar Induk.
  • Item
    Buletin Pasokan dan Harga Pangan
    (Badan Ketahanan Pangan, 2018-03) Bidang Harga Pangan, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan; Badan Ketahanan Pangan
    Pada tahun 2018 ini diproyeksikan angka produksi jagung mencapai 30 juta ton dengan kebutuhan sekitar 20,23 juta ton maka diperkirakan akan surplus jagung sebanyak 9,77 juta ton. Dengan kondisi tersebut, dan panen raya jagung awal tahun 2018 di beberapa provinsi, tercatat Indonesia telah melakukan 3 kali ekspor ke Filipina dari Provinsi Gorontalo, Sulsel, dan NTB. Oleh karena itu, dalam edisi ini tim redaksi mengambil topik utama “Surplus, RI Ekspor Jagung” dengan materi yang disajikan diantaranya: RI Surplus, Ekspor Jagung Diawal Tahun 2018, Proyeksi Tahun 2018 Jagung Surplus, Urgensi jagung dalam kebutuhan pangan, perkembangan harga pangan di tingkat produsen, konsumen, Jabodetabek, Pasar Induk Beras CIpinang (PIBC), dan Pasar Induk.