Browsing by Author "Daryanto, Arief"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemCompetitiveness of Beef Cattle Farming in Indonesia: Domestic Resources Cost Approach(Indonesian Center for Animal Research and Development, ) Rouf, Ari Abdul; Daryanto, Arief; Fariyanti, Anna
- ItemDinamika Kemitraan Usaha Agribisnis Berdayasaing dan Berkelanjutan(Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, 2013) Saptana; Daryanto, AriefDinamika perubahan lingkungan stategis seperti liberalisasi perdagangan, otonomi daerah, kompetisi antara food, feed, dan fuel, fenomena segmentasi pasar, perubahan preferensi konsumen, serta tuntutan terhadap kelestarian lingkungan hidup menuntut adanya perubahan strategi pembangunan. Globalisasi ekonomi yang ditandai dengan semakin terbukanya perdagangan dan investasi mendorong pasar komoditas pertanian semakin terintegrasi baik antar daerah, antar pulau, dan bahkan antar negara. Perubahan lingkungan strategis tersebut menuntut adanya perubahan serta penyesuaian beroperasinya kelembagaan pertanian. Perubahan dan penyesuaian tersebut perlu didasari dengan pemahaman yang benar mengenai berbagai hal terkait kelembagaan kemitraan usaha agribisnis yang sudah ada. Kemitraan usaha agribisnis merupakan salah satu strategi pembangunan yang dapat memadukan antara kebijakan makro ekonomi dan kegiatan ekonomi mikro sektor riil, memadukan antara kelembagaan komunitas-pemerintah-swasta, memadukan kelembagaan antar pelaku agribisnis, serta memadukan pertumbuhan dan pemerataan. Sejak sekitar tahun 1980-an, pasar hasil pertanian di Indonesia mengalami perubahan secara dinamis dengan makin pesatnya pertumbuhan pasar modern di samping pasar-pasar tradisional yang sudah ada. Diperkirakan pangsa pasar modern untuk produk pertanian mencapai 5-15 persen dan diperkirakan pangsanya terus meningkat. Ekspansi pasar modern mendorong dilakukannya pendekatan baru dalam bisnis eceran produk-produk pertanian, sekaligus menciptakan sejumlah peluang bagi para pelaku agribisnis. Kebijakan pengembangan komoditas pertanian di Indonesia telah berhasil mendorong terjadinya peningkatan produksi, namun belum searah dengan dinamika permintaan pasar dan perubahan preferensi konsumen.