Abstract:
Suatu pengamatan bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian komunikasi pengunjung Balai Penelitian Ternak telah dilakukan selama 4 tahun (2014 - 2017) di Balai Penelitian Ternak Ciawi Bogor. Materi pelayanan disesuaikan dengan daya serap pengunjung yang dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu kelompok I (TK/sd SD) kelompok 2 (SMP s/d SMA) kelompok 3 (mahasiswa s/d Intansi pemerintah) kelompok 4 (swasta dan masyarakat secara umum). Pelayanan kelompok I meliputi pengenalan terhadap jenis jenis ternak, kandang, pakan secara sederhana dan kunjungan lapang. Pelayanan pengunjung kelompok 2 meliputi persentasi kelembagaan balitnak budidaya ternak secara umum dan kunjungan lapang. Pelayanan kelompok 3 meliputi persentasi kelembagaan balitnak inovasi teknologi hasil hasil penelitian unggulan, diskusi dan kunjungan lapang. Pelayanan kelompok 4 meliputi persentasi kelembagaan ternak unggul hijauan pakan ternak peragaan inseminasi buatan pada ternak dan kunjungan lapang kemasing-masing unit kandang percobaan. Hasil pengamatan menunjukan Balitnak diminati oleh pengunjung yang datang dari berbagai kalangan tertinggi pada kelompok I pelajar TK sampai SD diikuti kelompok II SMP sampai SMA di ikuti kelompok 3 dan 4. Pelayanan kunjungan ini mendapat respon yang sangat baik oleh 4 kelompok pengunjung. Pengenalan jenis ternak, pakan ternak dan teknologi budidaya ternak secara umum dan sederhana sangat menarik perhatian pengunjung kelompok II. Kandang contoh ruminansia, kandang percobaan ayam, itik dan kelinci menjadi objek menarik perhatian dan menjadi salah satu objek kunjungan banyak diminati berbagai kalangan yang meliputi pelajar. mahasiswa, instansi pemerintah, swasta, pengusaha dan masyarakat secara umum untuk studi banding, studi wisata/wisata ilmiah dan tujuan lainnya.