PEMANFAATAN FERMENTASI PELEPAH KELADI/SENTE SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGURANGI BIAYA PAKAN DALAM USAHA BUDIDAYA PERIKANAN DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Loading...
Thumbnail Image
Date
2017-10
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian
Abstract
Pakan ikan merupakan biaya operasional tertinggi dalam usaha budidaya ikan berkisar 60% atau lebih. Harga pakan pabrikan yang semakin meroket menyebabkan keuntungan para pembudidaya menipis. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka untuk mengurangi kebutuhan akan pakan pabrikan. Ikan gurame merupakan salah satu komoditas perikanan unggulan. Harga yang cenderung lebih tinggi dan stabil menyebabkan jenis ikan ini banyak dibudidayakan, walaupun perputaran ekonomi khususnya untuk segmen pembesaran relatif lebih lama jika dibandingkan dengan jenis ikan lain, tetapi ada kelebihan lain yang dipunyai ikan gurame, yaitu pakan yang digunakan tidak hanya mengandalkan pakan pabrikan/pellet saja, tetapi pakan hijauan merupakan makanan favorit ikan ini. Pakan hijauan yang selama ini sering digunakan adalah daun pepaya, kangkung, ubi jalar, dan juga daun keladi/sente. Pelepah keladi/sente selama ini masih belum dimanfaatkan secara optimal. Penggunaan pelepah keladi/sente yang sudah difermentasi terbukti dapat dijadikan pakan ikan gurame atau juga jenis ikan lain. Hasil uji laboratorium terdapat peningkatan kadar nutrisi (kadar protein kasar) dari pelepah yang sudah difermentasi yang dapat mencapai 9,7% DM. Pemanfaatan pakan alternatif ini akan menurunkan biaya operasional usaha budidaya ikan gurame sehingga akan menguntungkan bagi pembudidaya ikan.
Description
Pakan ikan merupakan biaya operasional tertinggi dalam usaha budidaya ikan. Sekitar 60% atau bisa lebih, biaya yang harus dikeluarkan agar budidaya ikan dapat berhasil. Harga pakan pabrikan yang semakin meroket menyebabkan keuntungan para pembudidaya menipis, walaupun harga ikan konsumsi cenderung meningkat pula, tetapi sebenarnya justru pada pedagang/tengkulak yang lebih banyak menikmati peningkatan harga ikan konsumsi tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka untuk mengurangi kebutuhan akan pakan pabrikan tersebut. Mulai pembuatan pakan buatan dari bahan baku ikan asin dan dedak/bekatul sampai maggot sudah dicoba, kenyataannya ada yang berhasil dan ada yang masih perlu proses lebih lanjut.
Keywords
i: fermentasi, pelepah keladi/sente, pakan ikan, ikan gurame
Citation