Pemanfaatan Kayapu (Pistia stratiotes L) Sebagai Sumber bahan Organik Bagi Tanaman Padi di Lahan Rawa Lebak, Proses Pengeringan Dalam Pasca Panen Bawang Merah, Tumpangsari Tanaman Pepaya dan Semangka di Lahan Rawa Lebak Dangkal, Lidah Buaya (Aloe vera) Tanaman Serbaguna (Info teknologi pertanian rawa Volume 7, Nomor 2, Tahun 2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Balittra
Abstract
Description
Selamat berjumpa pada edesi info teknologi pertanian lahan rawa. Edesi kali inj menampilkan empat tulisan dan dua berita. Tulisan pertama memuat tentang pemanfaatan tanaman kayapu sebagai sumber bahan organlk untuk tanaman padi. Tanaman kayapu merupakan tanaman yang tumbuh dan berkembang secara cepat dl lahan rawa, bahkan tanaman kayapu Inl dapat menjadi gulma dalam pertanian padi di lahan rawa. Melalui proses yang sederhana, tanaman kayapu ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan organik untuk tanaman padi. Tulisan kedua memuat tentang proses pengeringan bawang merah, agar menghasilkan mutu yang balk, karena umbi bawang merah rentan terhadap pembusukan. Cara pengeringan cukup sederhana hanya dengan menggunakan sinar matahari. Pengeringan untuk keperluan bibit, diperlukan penjemuran selama 3 - 4 hari, sedang untuk konsumsi diperlukan selama 1 - 2 hari. Tulisan ketiga memuat tentang tumpang sari antara tanaman papaya dan semangka. Penanaman semangka dllakukan di antara barisan tanaman papaya. Pememeliharaan tanaman cukup mudah. Pada umur 2 bulan sumangka sudah bisa dipanen, sedang pepaya dapat dipanen pada umur 6 bulan. Tulisan ke empat menampilkan tentang tanaman lidah buaya yang serba guna, yang dapat digunakan sebagai penyubur rambut dan diolah berbagai berbagai macam makanan dan minuman, seperti nata de aloe, dodol, krupuk, coklat dan naster. Selamat membaca semoga bermanfaat.
Keywords
Pemanfaatan Kayapu (Pistia stratiotes L) Sebagai Sumber bahan Organik Bagi Tanaman Padi di Lahan Rawa Lebak, Proses Pengeringan Dalam Pasca Panen Bawang Merah, Tumpangsari Tanaman Pepaya dan Semangka di Lahan Rawa Lebak Dangkal, Lidah Buaya (Aloe vera) Tanaman Serbaguna
Citation
Collections