IDENTIFIKASI BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KELOMPOK TANI DI LAHAN TADAH HUJAN (Studi Kasus di Kabupaten Tapin)

Abstract
Identifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja kelompok tani di lahan tadah hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kelompok tani serta kekuatan pengaruh yang ditimbulkan. Penelitian dilakukan pada MT 1993/94 dengan menggunakan metode survai. Pemilihan daerah sampel dilakukan secara purposif dan terpilih Kecamatan Tapin Selatan, Kecamatan Binuang dan Kecamatan Bungur Kabupaten Tapin. Semua kelompok tani di tiga kecamatan tersebut diambil sebagai kelompok tani contoh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan pimpinan kelompok. Analisis pengaruh berbagai faktor yang mempengaruhi kemampuan kelompok tani dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kelompok tani di lahan tadah hujan masih belum memenuhi kriteria mampu memberikan dukungan kuat bagi terciptanya struktur pertanian yang efisien, maju dan tangguh. Namun demikian berdasarkan struktur yang dimiliki, kelompok tani tersebut memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi kelompok tani berkemampuan tinggi. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kemampuan kelompok tani di lahan tadah hujan dipengaruhi oleh lama berdirinya, luas hamparan, umur ketua kelompok, jumlah jabatan sosial yang dipegang ketua kelompok dan umur serta status kedinasan PPL
Description
Keywords
IDENTIFIKASI BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KELOMPOK TANI DI LAHAN TADAH HUJAN (Studi Kasus di Kabupaten Tapin)
Citation
Collections