HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK TERPILIH PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DENGAN KEMAMPUAN KELOMPOK TANI (Studi Kasus di Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

Abstract
Hubungan beberapa karakteristik t erpilih penyuluh pertanian lapangan dengan kemampuan kelompok tani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara karakteristik terpilih penyuluh pertanian lapangan dengan kemampuan kelompok tani binaannya. Penelitian dilakukan diKabupaten Hulu Sungai Tengah pada MT 1989/90, dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan ketua kelompok tani dibantu kuesioner. Kelompok tani contoh diambil dari 3 WKBPP yang ada di wilayah penelitian. Kelompok tani dari masing- masing WKBPP tersebut distratifikasi kedalam kelompok tani pemula, lanjut dan madya. Dari masing-masing WKBPP diambil 10 kelompok tani yaitu 3 kelompok tani Pemula, 3 kelompok tani Madya dan 4 kelompok tani Lanjut. Kemudian diambil 30 penyuluh pertanian lapangan yang membina kelompok tani tersebut. Jurnlah sampel mencapai 30 kelompok tani dan 30 orang penyuluh pertanian lapangan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik PPL dan hubungannya de-ngan kemampuan kelompok tani secara statistik nyata adalah: (1) frekwensi mengikuti latihan, (2) pengalaman kerja, dan (3) tempat tinggal (di luar atau di dalam WKPP binaan). Karakteristik terpilih lainnya, seperti: jenis kelamin, umur, jenis sekolah dan status perkawinan, tidak berpengaruh nyata. Fenomena ini mengisyaratkan bahwa penga- lam.ankerja dan pemberian latihan bagi PPL sangat menentukan keberhasilan hasilan upaya peningkatan kemampuan kelompok tani.
Description
Keywords
HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK TERPILIH PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DENGAN KEMAMPUAN KELOMPOK TANI (Studi Kasus di Kabupaten Hulu Sungai Tengah)
Citation
Collections