STUDI PEMASARAN JAGUNG DI KALIMANTAN SELATAN

Loading...
Thumbnail Image
Date
1996
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Balittra
Abstract
Studi pemasaran jagung di Kalimantan Selatan. Untuk meningkatkan produktivitas jagung di lahan kering dan sekalilgus pendapatan petani, telah dilakukan studi pemasaran jagung untuk mengetahui saluran pemasarannya, efisiensi pemasaran dan masalah-masalah dalam pemasaran komoditas jagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan observasi langsung kelapangan serta pasar-pasar hasil pertanian. Lokasi peneIitian dipilih secara porpusive yaitu desa-desa sentra produksi jagung dan penelitian dilaksanakan pada MT 1990191. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran belum lancar dan belum efisien, ini dapat dilihat dari rendahnya tingkat harga yang diterima petani (kurang dari 70%), besarnya biaya transportasi dan akomodasi (56,75%). Disamping itu, harga ditingkat petani selalu turun pada puncak-puncak panen, ini menunjukkan bahwa distribusi hasil komoditas jagung tidak merata.
Description
Keywords
STUDI PEMASARAN JAGUNG DI KALIMANTAN SELATAN
Citation
Collections