Marjin Pemasaran Ternak Kerbau di Pasar Hewan Bolu Kabupaten Toraja Utara

No Thumbnail Available
Date
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner
Abstract
Description
Penelitian untuk mengetahui besarnya marjin pemasaran ternak kerbau telah dilakukan di Pasar Hewan Bolu, Kelurahan Tallunglipu Matallo, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, pada bulan Februari tahun 2017. Data dikumpulkan melalui metode survei lapang dan wawancara langsung. Responden terdiri dari 25 orang pedagang kerbau, terdiri dari 12 orang pedagang skala besar, delapan orang pedagang skala kecil dan lima pedagang ternak titipan. Informasi dan data yang dikumpulkan meliputi jumlah ternak kerbau di pasar hewan, harga beli dan harga jual. Data sekunder dan primer diperoleh dari berbagai hasil penelitian lapang dan dari dinas peternakan setempat. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua ternak kerbau yang dibawa ke pasar akan laku pada hari pasar tersebut. Oleh karena itu, muncul pelaku pasar yakni pedagang titipan, yang mempunyai tugas memelihara dan berfungsi sebagai pedagang perantara dan mendapatkan bagian sebesar 2,5% dari harga jual. Marjin pemasaran pedagang pengumpul pada kondisi ternak yang dibawa dapat terjual pada hari pasar itu juga sebesar 8-10% dari harga awal pembelian.
Keywords
Pasar Hewan; Kerbau; Pedagang Ternak; Margin Pemasaran
Citation