Analisis Efisiensi Pemasaran Jahe Gajah di Daerah Sentra Produksi Sumatera Utara

No Thumbnail Available
Date
1992
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan
Abstract
Description
Analisis tentang efisiensi pemasaran Jahe Gajah di Derah sentra produksi Sumatra Utara telah di lakukan di kabupaten Dairi dan Simalungun pada bulan Oktober 1992. Penelitian bertujuan intuk mengkaji tingkat effesiensi pemasaran jahe di kedua sentra tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan penarikan contoh secara acak bertujuan. Metode analisis penyebaran marjin pemasaran. Indeks profitabilitas dan korelasi harga. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa secara teknis , system pemasaran di kabupaten Dairi dan Simalungun  cukup efisien  yang di tunjukan oleh saluran pemasaran yang relati pendek dan di di dukung oleh sarana transportasi yang memadai/lancer. Namun secara ekonomis kurang efisien, karena bagian harga petani lebih kecil dari pada marjin pemasaran Indeks profibilitas petani, pedagang desa dan eksportir Di kabupaten Dairi adalah masing-masing sebesar 1.89 ; 1.27 ; dan 1.62. sedangkan di kabupaten Simalunggung adalah sebesar 1.42; 2.12; 2.17 dan 1.64 masing-masing untuk indeks profitabilitas petani. Pedagang desa, pedagng kecamatandan eksportir. Apabila di bandingkan keadaan pemasaran di kedau kabupaten tersebut, ternyata keadaan pemasaran di kabupaten Dairi secara relatif lebih efisien  di banding kabupaten Simalungun yang di tunjukan denagn bagian harga petani sebesar 46.22% dan koefisien korelasi harga 0.9034; sedangkan di kabupaten Simalungun bagian harga petani dan korelasi arganya masing-masing sebesar 32.40% dan 0,7928.
Keywords
Citation