Peningkatan diseminasi inovasi BALITBANGTAN melalui Sistem Informasi Layanan Teknologi (SILAT) Online di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Riau : Laporan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PPMKP
Abstract
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Riau sebagai unit pelaksana teknis Balitbangtan, Kementerian Pertanian memiliki tugas melaksanakan pengkajian, perakitan, pengembangan dan diseminasi teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi di Kepri. Dalam menjalankan tugasnya, lembaga ini memiliki 10 fungsi, dimana salah satu fungsinya adalah mendiseminasikan inovasi teknologi bagi stakeholder. Beberapa layanan BPTP Kepri dalam menggerakkan fungsi diseminasi teknologi pertanian yaitu: (a). konsultasi dan bimbingan teknologi, (b). penyediaan lokasi dan bimbingan magang/prakerin siswa/mahasiswa, (c). penyediaan tenaga ahli/narasumber, (d). penyediaan lokasi di taman agroinovasi, dan (e). Layanan perpustakaan. Selama ini, layanan bagi stakeholders sebagian besar masih manual, diantaranya dalam bentuk kunjungan langsung ke BPTP Kepri. Hal ini tentu dibutuhkan alokasi waktu, tenaga, dan biaya mengingat kondisi geografis didominasi wilayah maritim/perairan (96%) dan sisanya berupa wilayah daratan. Apabila mitra stakeholders harus berkunjung langsung BPTP Kepri guna melakukan konsultasi teknologi atau bimbingan teknis maka sudah tentu proses diseminasi teknologi akan menjadi lambat, demikian pula apabila informasi umpan balik dari pengguna layanan juga menjadi masalah karena kendala di atas. Berdasarkan permasalahan tersebut, BPTP Kepri berkomitmen untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya. Komitmen ini diwujudkan dengan mengangkat permasalahan tersebut dalam aksi perubahan, yaitu membangun aplikasi “Sistem Informasi Layanan Teknologi” yang disingkat SILAT Online. Aplikasi ini terintegrasi dengan website BPTP Kepri sehingga diharapkan hadirnya aplikasi ini juga akan meningkatkan rating pengunjung website ini. Dengan aplikasi ini, sangat membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan publik dan hal bisa diketahui dari testimoni stakeholders dan survei kepuasan masyarakat, dimana semua fitur layanan dikategorikan memberikan kepuasan bagi stakeholders. Melalui penerapan SILAT Online diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas layanan, peningkatan kepuasan pengguna, dan bisa diperoleh umpan balik dari penyebaran informasi teknologi. Meningkatnya kualitas layanan bagi berdampak terhadap peningkatan kinerja organisasi.
Description
Keywords
Pelayanan Publik, Informasi, Diseminasi, Aplikasi SILAT Online, Sistem Informasi Layanan Teknologi (SILAT), Teknologi Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), BPTP Kepulauan Riau, Laporan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi, PKA=Pelatihan Kepemimpinan Administrator, PKA/4/2022
Citation