Strategi penyiapan Sumber Daya Manusia Penyuluhan Pertanian yang profesional melalui SELENDANG PELANGI Penyuluh System Blended Learning Pelatihan Fungsional Penyuluh Pertanian : Laporan Proyek Perubahan

Loading...
Thumbnail Image
Date
2021
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PPMKP
Abstract
SELENDANG PELANGI PENYULUH merupakan akronim dari Sistem Blended Learning Pelatihan Fungsional Penyuluh Pertanian. Proyek perubahan ini merupakan bentuk adaptasi dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawab sebagai UPT Pelatihan Pertanian di era normal baru. Proyek perubahan ini berupaya menunjukkan eksistensi BBPP Batangkaluku untuk senantiasa hadir dalam meningkatkan kompetensi SDM pertanian baik aparatur maupun non aparatur pertanian khususnya dalam pelaksanaan Pelatihan Fungsional bagi Penyuluh Pertanian meskipun di masa pandemi COVID-19. Kebijakan ini dilakukan dengan memanfaatkan informasi dan teknologi dalam metode pembelajaran pelatihan melalui Blended Learning. Blended learning merupakan sebuah lingkungan pembelajaran yang dirancang dengan menyatukan pembelajaran tatap muka (face to face / F2F) dengan pembelajaran online yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta latih. Materi-materi inti dibahas secara online melalui aplikasi ZOOM Meeting dengan menggunakan perangkat teknologi yang dimiliki oleh BBPP Batangkaluku sedangkan pelaksanaan praktek kompetensi dilaksanakan secara tatap muka di BBPP Batangkaluku atau di tempat lain yang representatif dengan durasi waktu dan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Proyek perubahan ini dilakukan dengan durasi waktu interaksi secara langsung (tatap muka) lebih singkat dan anggaran yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pelatihan yang secara keseluruhan dilakukan secara konvensional (full tatap muka).
Description
Keywords
Penyuluh Pertanian, Pelatihan Fungsional Penyuluh Pertanian, Blended Learning, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, PKN Tk.II/18/2021, PKN=Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Laporan Proyek Perubahan, Sistem Blended Learning Pelatihan Fungsional Penyuluh Pertanian (SELENDANG PELANGI PENYULUH)
Citation